Kompas.com - 15/01/2013, 17:02 WIB
|
EditorTjahja Gunawan Diredja

JAKARTA, KOMPAS.com — Direktur Pengamanan Perdagangan Kementerian Perdagangan, Ernawati, mengatakan, pemerintah telah memberi penjelasan kepada Komisi Perdagangan Internasional Amerika Serikat soal tuduhan pemberian subsidi terhadap industri udang.

"Delegasinya dipimpin langsung oleh Duta Besar RI untuk AS, Dino Patti Djalal. Dalam penjelasannya, Pak Dubes mengatakan kredit ekspor dan asuransi ekspor diberikan kepada seluruh usaha yang ada di Indonesia sehingga tidak dapat dianggap sebagai subsidi secara spesifik. Subsidi yang diberikan kepada nelayan kecil juga tidak dapat disamakan dengan subsidi kepada perusahaan eksportir," ujar Ernawati, Selasa (15/1/2013).  

Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri Kementerian Perdagangan, Bahrul Chairi, mengatakan, petisi tersebut telah diterima tanggal 28 Desember 2012.

Ada 12 tuduhan yang dilayangkan. Beberapa tuduhan subsidi yang dilayangkan terhadap Indonesia ialah program asuransi ekspor, pemberian kredit ekspor, serta pengalokasikan anggaran subsidi untuk sektor perikanan sebesar 3 miliar dollar AS selama 5 tahun terakhir.  

Produk udang beku yang dituduh mendapat subsidi dari Pemerintah Indonesia adalah jenis frozen warmwater shrimp dengan pos tarif (HS) 0306 dan 1605.     

 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.