Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rothschild Beli 5,2 Juta Saham Bumi Plc

Kompas.com - 16/01/2013, 09:34 WIB

LONDON, KOMPAS.com - Nathaniel Rothschild terus berupaya untuk mengegolkan proposalnya yang mengusulkan penggantian 12 dari 14 anggota dewan direksi Bumi Plc. Salah satu caranya adalah dengan cara membeli saham Bumi Plc.  Bumi Plc. Juru bicara Nat Rothschild, Ian Middleton mengatakan bahwa Nat Rothschild melalui NR Investment telah meningkatkan voting share di Bumi Plc dari 14,799 persen menjadi 18,214  persen pada Senin (14/1/2013).

"Kami sudah meningkatkan kepemilikan kami di Bumi Plc, sebagai tanda bagi keyakinan kami bahwa perseroan mempunyai masa depan yang cerah segera setelah dewan direksi baru terpilih dan manajemen baru diangkat," ujar Ian Middleton dalam rilisnya , Selasa (15/1/2013).

The Telegraph Senin melaporkan, Nat Rothchild telah menghabiskan dana sebesar 16 juta poundsterling untuk membeli 5,2 juta saham Bumi Plc dalam 315 lot. Tujuan pembelian ini juga untuk meningkatkan kepemilikan saham Nat Rothschild di Bumi Plc.

Selain itu , Ian juga  mengatakan saat ini pihaknya sudah mendapatkan dukungan dari empat pemegang saham minoritas Bumi Plc  yang secara terbuka menyatakan dukungan atas proposal Nat yang disampaikan lewat NR Investment menjelang diadakannya Rapat Umum Pemegang Saham bulan depan.

Nat mengusulkan agar 12 dari 14 anggota dewan direksi digantikan.  Keempat  pemegang saham itu adalah Schroder Investment Management yang memiliki 4,2 persen saham Bumi Plc,  Sofaer Capital dengan lebih dari 1 persen saham, Brompton Asset Management dan Taube Hodson Stonex Partners masing -masing 1 persen dan 3,2 persen saham.

Sebelumnya diberitakan, rapat umum pemegang saham luar biasa Bumi Plc  dengan agenda pemecatan dan pengangkatan direktur baru  akan diadakan sekitar 24-26  Febaruari 2013. Hal ini untuk merespon permintaan RUPS Luar Biasa oleh pihak Nat Rothschild melalui NR Investment pada 7 Januari 2013 lalu.

Untuk bisa memenangkan resolusinya pada rapat umum pemegang saham nantinya Juru  Bicara Bumi Plc  Edward Simpkins kepada Kontan (9/1/2013)  mengatakan,  Nat yang memiliki 17,8 persen voting share membutuhkan tambahan 32,2 persen voting share. Karena untuk bisa meloloskan resolusi tersebut Nat butuh lebih dari 50 persen suara.

Sedangkan di sisi lain Bakrie Group, Samin Tan,dan Rosan Roeslani hanya memiliki 29,9 persen voting share. Sisa voting share sebesar 52,2 persen dimiliki oleh pemegang saham minoritas.

Saat ini, kata Edward baik dewan direksi maupun Nat Rothschild terus melakukan pendekatan terhadap para pemegang saham minoritas untuk mendapatkan dukungan. Edward yakin, para pemegang saham minoritas tidak akan menerima resolusi Nat, karena dewan direksi saat ini terus bekerja keras untuk mengamankan kepentingan dari para pemegang saham.
 
Sementara itu, juru bicara keluarga Bakrie Chris Fong mengatakan pihaknya tidak ingin larut dalam perdebatan publik tentang pilihan dan pandangan masing-masing pemegang saham minoritas di bumi Plc. Menurut Chris pihak Bakrie memiliki pandangan dan posisi yang kuat dilindungi oleh hukum dan sudah menyampaikan posisi mereka kepada para pemegang saham secara pribadi. (Agustinus Beo Da Costa/Kontan)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com