Kompas.com - 21/01/2013, 21:03 WIB
|
EditorFarid Assifa

SITUBONDO, KOMPAS.com -- Upaya pencarian 9 nelayan yang hilang setelah dua perahu motor mereka tenggelam disapu puting beliung di Situbondo, Jawa Timur, terus dilakukan.

Senin (21/1/2013), tim Search and Rescue (SAR) mengerahkan 7 penyelam dari berbagai unsur untuk menjangkau laut kedalaman 84 meter. Tujuh penyelam yang diterjunkan pada hari kedua pencarian 9 nelayan asal Kampung Pesisir, Desa Kilensari, Kecamatan Situbondo itu terdiri dari tim SAR dari Basarnas, TNI, Polri, BPBD, Tagana, Satpol PP, dan Brigade Penolong Pramuka Situbondo. Tim SAR tersebut bertolak ke Selat Madura dari TPI Desa Kilensari, Kecamatan Panarukan, dengan menggunakan tiga perahu nelayan.

"Hari ini ada 7 penyelam yang kita terjunkan ke tengah laut menuju perairan di selat Madura," terang Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Situbondo, Zainul Arifin, Senin.

Untuk  mendukung para penyelaman, tim juga dibekali peralatan khusus sepeti kompresor yang dibawa oleh Brigade Penolong Pramuka. Dengan alat tersebut, para penyelam diharapkan mampu melakukan pencarian hingga ke dasar laut di Selat Madura.

"Namun dari hasil pencarian hari kedua terhadap 9 nelayan, tim SAR hanya berhasil mengambil dan mengamankan jaring dari perahu motor Juanda. Sedangkan 9 nelayan yang dinyatakan hilang, belum berhasil ditemukan, karena penyelam dari tim SAR tidak dapat menjangkau kedalaman 84 meter," terang Kasat Polair Polres Situbondo, Iptu Basori Alwi.

Selain melakukan pencarian di perairan Selat Madura, tim SAR gabungan juga melakukan penyisiran di sepanjang dibibir pantai di Kabupaten Situbondo, namun upaya itu juga tidak membuahkan hasil.

"Karena kedalaman perahu motor Juanda yang tenggelam itu mencapai 84 meter lebih, upaya pencarian akan dilanjutkan besok (Selasa). Dalam pencarian hari ketiga, kami akan mendatangkan tim penyelam dari Polda Jawa Timur," kata Zainul Arifin.

Seperti diberitakan sebelumnya, dua perahu motor Juanda dan Kapodang karam akibat disapu puting beliung di Selat Madura. Sejumlah nelayan selamat dari peristiwa nahas itu, namun sembilan nelayan dinyatakan hilang. Diperkirakan dua perahu motor itu tenggelam pada kedalaman 75 meter ke dasar laut, dengan jarak 10 mil dari bibir pantai Panarukan, Situbondo.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.