Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemilih Tertua Usia 113 Tahun, Termuda 13 Tahun

Kompas.com - 22/01/2013, 10:04 WIB

SUMEDANG, KOMPAS.com — Dalam daftar pemilih tetap (DPT) Pemilihan Kepala Daerah Gubernur Jawa Barat dan Bupati Sumedang tercatat ada dua orang pemilih yang usianya mencapai 112 dan 113 tahun. Pemilih yang usianya di atas satu abad ini berada di pelosok daerah.

Hersa Santosa, anggota KPU bidang data dan hukum, mengatakan, dua orang pemilih paling tua itu ada di Kecamatan Ujungjaya dan Wado. "Kami sudah mengecek ke Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di dua kecamatan itu dan menyebutkan usia mereka memang 112 dan 113 tahun atau lahir pada tahun 1899 serta 1901," kata Hersa di kantor KPU, Senin (21/1/2013) kemarin.

Data dari DPT, pemilih paling tua itu tercatat atas nama Tjakra Djajadiningkrat yang lahir 6 Juni 1901 dan tinggal di Cipinangpait, Desa Cibuluh, Kecamatan Ujungjaya. Sementara yang usianya 113 tahun atas nama Cicih Juarsih yang dilahirkan 1899 dan tidak diketahui tanggal dan bulannya kelahirannya. Cicih tinggal di lereng Gunung Cakrabuana di Kampung Nagrak, Desa Cikareo Utara, Kecamatan Wado.

Selain mencatat pemilih dengan usia paling tua, dari DPT yang dirilis KPU Sumedang, juga ditemukan ada sembilan orang pemilih yang usianya paling muda. "Pemilih paling muda usianya 13 tahun dan masuk ke DPT karena mereka sudah menikah sehingga masuk daftar pemilih," kata Hersa.

Pemilih yang usianya 13 tahun itu semuanya perempuan dan juga berada di daerah pelosok Sumedang. Pemilih yang usianya 13 tahun ini ada di Kecamatan Paseh, Sukasari, Surian, Jatigede, Cisitu, Cimanggung, dan Cibugel.

KPU juga mencatat pemilih pemula yang usianya di bawah 17 tahun itu mencapai 1.084 orang. "Pemilih pemula yang usianya dibawah 17 tahun ini merupakan warga yang baru memilih dan ikut pemilu pada Pemilihan Bupati Sumedang serta Gubernur Jabar," kata Hersa.

Sementara itu, jumlah pemilih pemula mencapai 100.739 pemilih dari total pemilih tetap 829.401 pemilih. "Pemilih pemula ini adalah mereka yang baru pertama kalinya ikut pemilu karena usianya sudah 17 tahun atau belum 17 tahun, tapi sudah menikah dan ada juga anggota TNI dan Polri yang pensiun," katanya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com