Kompas.com - 22/01/2013, 18:06 WIB
|
EditorRusdi Amral

KEBUMEN, KOMPAS.com - Kerugian material akibat bencana alam mulai dari banjir, tanah longsor dan angin puting beliung di Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah, hingga saat ini ditaksir mencapai Rp 1,5 miliar. Kerugian tersebut meliputi kerusakan infrastruktur dan sejumlah rumah penduduk.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kebumen, Muhyidin, Selasa (22/1/2013) mengatakan, bencana yang melanda sejak awal tahun di antaranya adalah banjir, longsor dan angin puting beliung. Menurut dia, kerugian terbesar adalah jebolnya sejumlah tanggul sumgai dan irigasi akibat tidak kuat menahan debit air.

"Tanggul yang jebol di Kebumen setidaknya ada 18 titik di antaranya di Sungai Kemit, Karanganyar, Kethek, Turus dan Kedungbener," ujarnya. Tanggul-tanggul tersebut jebol pada pekan pertama Januari dan menyebabkan lebih dari 1.700 hektar sawah terendam.

Hingga saat ini, langkah tanggap darurat yang telah dilakukan adalah memberikan bantuan logistik dan berbagai bahan bangunan seperti seng, kayu, dan paku untuk rumah-rumah yang diterjang angin puting beliung.

Adapun untuk rumah-rumah yang rusak akibat longsor akan dibantu sebesar Rp 2 juta untuk rumah roboh Sedangkan rumah rusak berat akan dibantu Rp 1 juta.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.