Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Membeli Jajanan di Pinggir Jalan

Kompas.com - 22/01/2013, 19:19 WIB
Fitri Prawitasari

Penulis

KOMPAS.com - Jajanan pinggir jalan memang terkadang sangat menggiurkan. Apalagi jika sedang berpelesir. Makanan yang dijajakan di kaki lima tersebut pastinya lebih menghemat kantong daripada makan di restoran.

Menyantap kenikmatan kuliner pinggir jalan, jangan lupa pula untuk memperhatikan kehigienisan makanan demi kesehatan perut.

Perhatikan kultur masyarakat setempat dan cari tahu di mana masyarakat sering berkumpul menghabiskan waktu untuk jajan. Kemudian Anda dapat menjelajahi makanan pinggir jalan tersebut saat mereka sibuk dengan kegiatan lain. Dengan demikian, Anda bisa mendapatkan makanan segar dengan jumlah antrean pengunjung tak terlalu banyak.

Kebersihan makanan
Jika memungkinkan, intip setiap bahan makanan yang disajikan. Apakah bungkus makanan bersih, makanan dingin disimpan di lemari es dengan baik, dan bahan mentah dipisahkan dengan makanan yang telah masak.

Membawa peralatan makan sendiri
Kita tidak pernah tahu apakah sendok atau garpu yang digunakan telah dicuci dengan bersih. Ada baiknya mempersiapkan dengan membawa alat makan sendiri untuk menjaga kebersihan.

Lihat makanan yang sedang dimasak
Biasanya penjual makanan di pinggir jalan mengolah makanannya secara terbuka. Sehingga Anda bisa mengecek sendiri proses makanan yang dimasak. Bagaimana ia mengolah makanan yang berasal dari daging mentah, atau minuman dengan es.

Mengonsumsi jajanan sehat
Tidak ada salahnya untuk memilih-milih jajanan apa yang akan dibeli. Karena tidak semua makanan yang dijajakan menyehatkan. Cobalah untuk membeli yang berbahan sayur atau buah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com