Dimulai Lagi, Proses Penjualan Saham Bank Mutiara

Kompas.com - 22/01/2013, 21:30 WIB
|
EditorRobert Adhi Ksp

JAKARTA, KOMPAS.com - Proses penjualan saham PT Bank Mutiara Tbk kembali dimulai. Seluruh saham itu ditawarkan melalui penjualan strategis kepada calon investor yang memenuhi kriteria.

Pihak yang berminat mengikuti proses penjualan dapat mengirimkan pernyataan minat secara tertulis, ditujukan kepada PT Danareksa Sekuritas, selaku penasihat keuangan. Selanjutnya, peminat disyaratkan mendaftarkan diri dan melengkapi syarat dokumen selambat-lambatnya 15 Mei 2013.

Sekretaris Lembaga Penjamin Simpanan Samsu Adi Nugroho menyampaikan, pengumuman rencana penjualan sudah dilakukan sejak Senin (21/1/2013). "Waktu untuk melengkapi syarat pendaftaran masih lama, sampai dengan 15 Mei," katanya kepada Kompas, Selasa (22/1/2013) malam.

Kriteria calon investor di antaranya memenuhi aturan perundang-undangan, bukan pemegang saham lama dan pihak terafiliasi, serta memiliki komitmen dan kemampuan keuangan yang kuat.

Kriteria lain adalah memiliki pengalaman dalam industri perbankan dan tidak termasuk dalam daftar negatif atau daftar orang tercela di industri perbankan Indonesia.

Tahun ini merupakan tahun ketiga proses penjualan Bank Mutiara Tbk. Selama dua tahun sebelumnya, yakni tahun 2011 dan 2012, calon investor yang sudah mendaftar ternyata tidak memenuhi syarat antara lain syarat kemampuan keuangan.

Bank Mutiara sebelumnya bernama Bank Century, yang pada tahun 2008 masuk program penyehatan. Bank tersebut memperoleh suntikan dana Rp 6,7 triliun dari Lembaga Penjamin Simpanan (LPS), sebagai bentuk penyertaan modal sementara. Dengan demikian, LPS memiliki 99,9 persen saham Bank Mutiara.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X