Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pilkada Jabar: Surat Suara Dipamerkan

Kompas.com - 26/01/2013, 12:45 WIB
Didit Putra Erlangga Rahardjo

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com — Komisi Pemilihan Umum Provinsi Jawa Barat akhirnya menunjukkan spesimen surat suara yang nantinya dipakai dalam pemungutan suara Pilkada Jabar, 23 Februari 2013. Sesuai kesepakatan sebelumnya, bakal ada tiga perusahaan yang bakal menggarap pencetakan secara bersama-sama.

Spesimen surat suara tersebut berukuran 42 x 24 sentimeter dengan foto pasangan calon di bagian bawah. Nantinya surat suara dilipat lima kali. "Dengan demikian, tidak ada muka pasangan calon yang terkena lipatan kertas," ujar Sekretaris KPU Jabar, Heri Suherman, Sabtu (26/1/2013).

Menurut rencana, hari ini spesimen tersebut ditunjukkan kepada lima pasangan calon untuk disetujui. Heri optimistis tidak bakal ada keberatan mengingat tim kampanye sendiri yang menyerahkan foto pasangan calon kepada KPU.

Waktu yang disediakan untuk KPU bagi pasangan calon untuk menandatangani spesimen tersebut hingga pukul 16.00. Bila terlewati, lanjut Heri, mereka dianggap menyetujui.

Tiga perusahaan yang ditunjuk untuk menggarap pencetakan ini adalah PTB Balai Pustaka, Induk Koperasi Kepolisian RI, dan PT Pura Barutama. Mereka ditunjuk setelah kegagalan tender pengadaan surat suara. Penunjukan itu sendiri dilakukan karena mereka adalah tiga peserta yang mengikuti tahapan sebelum gugur pada tahap evaluasi teknis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com