Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rusia Manfaatkan APPF

Kompas.com - 28/01/2013, 13:07 WIB
Stefanus Osa Triyatna

Penulis

VLADIVOSTOK, KOMPAS.com — Ibarat rencana induk percepatan pembangunan ekonomi Indonesia MP3EI khas Indonesia, Pemerintah Rusia rupanya ingin memanfaatkan Forum Parlemen Asia Pasifik (Asia Pacific Parlementary Forum/APPF) untuk pengembangan Rusia kawasan timur. Walau tidak secara khusus terfokus masalah ekonomi, parlemen dibuka berbagai peluang untuk ikut membangun perekonomian Rusia.

Presiden Forum Parlemen Asia Pasifik yang juga Dewan Federasi Rusia Valentina Matvienko, sebagaimana dilaporkan wartawan Kompas Stefanus Osa, dalam pembukaan APPF di Vladivostok, Rusia, Senin (28/1/2013), mengatakan, Vladivostok adalah gerbang Rusia ke Asia Pasifik. Di abad ke-21 ini, peluang Rusia sedang dikembangkan untuk mengambil peran penting di Asia Pasifik yang sedang berkembang cepat.

Menurut Valentina, langkah Rusia memperkenalkan posisi Vladivostok yang lebih dekat dengan Asia Pasifik ini merupakan upaya dalam menjaga kestabilan ekonomi Rusia. Inovasi-inovasi dilakukan untuk integrasi dan menciptakan kesejahteraan. Rusia ingin membangun rantai pasokan dan logistik.   

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com