Kompas.com - 28/01/2013, 20:15 WIB
|
EditorMarcus Suprihadi

VLADIVOSTOK, KOMPAS.com — Presiden Rusia Vladimir Putin menyatakan, sebuah pertemuan, apa pun itu dan siapa pun mereka yang bertemu, harus menghasilkan sesuatu, baik pertemuan yang diikuti kalangan eksekutif maupun legislatif, seperti yang diikuti DPR RI dalam Forum Parlemen Asia Pasifik (APPF) Ke-21 di Vladivostok, Rusia, kali ini.

"Anggota parlemen harus membuat kontribusi untuk tujuan strategis. Hasil aktivitas legislatif harus lebih jauh mendeterminasi dinamika kemajuan sosial-ekonomi," kata Putin sebagaimana dilaporkan wartawan Kompas Stefanus Osa dalam pembukaan APPF di Vladivostok, Senin (28/1/2013).

"Kami membicarakan tentang integrasi pengembangan, menstimulasi perdagangan, memberanikan investasi dan persaingan, membuka pasar, membatasi penghalang proteksi, dan mendorong peningkatan infrastruktur transportasi," tuturnya.

Menurut Putin, diplomasi parlemen juga menjangkau beragam level kepercayaan saling menguntungkan di antara negara-negara di kawasan Asia Pasifik. Ini hal penting yang menjadi tantangan sekaligus ancaman.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.