Kompas.com - 29/01/2013, 21:13 WIB
Penulis Sandro Gatra
|
EditorHeru Margianto

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Keuangan Agus Martowardojo memperkirakan redenominasi atau penyederhanaan nilai mata uang rupiah tidak dapat dilaksanakan pada 2014. Pasalnya, butuh waktu yang lama agar masyarakat paham mengenai Redenominasi.

Agus menjelaskan, hingga saat ini tengah dilakukan sosialisasi redenominasi kepada masyarakat oleh Bank Indonesia dan Kementerian Keuangan. Nantinya, akan dilihat bagaimana respon publik.

Agus menambahkan, masih dibicarakan pula waktu masa transisi. "Apakah waktu enam tahun masa transisi itu cukup atau perlu lebih lama. Semua akan dikonsultasikan ke publik," kata Agus di Istana Negara, Jakarta, Selasa (29/1/2013).

Staf Khusus Presiden bidang ekonomi Firmanzah mengatakan, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengingatkan perlunya antisipasi peningkatan inflasi jika redominasi diterapkan. "Yang perlu diwaspadai adalah inflasi akibat pembulatan ke atas. Mungkin itu yang perlu dicermati bersama," kata dia.

Seperti diberitakan, pemerintah telah mengusulkan RUU Redenominasi kepada DPR. Intinya, nantinya bank sentral akan merilis uang baru, namun ketiga nolnya dihilangkan. Misalnya, Rp 1.000 akan menjadi Rp 1. Konsekuensinya, akan muncul kembali nilai rupiah berupa sen.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.