Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

RI Jadi Pasar Penting

Kompas.com - 31/01/2013, 03:08 WIB

Muenchen, Kompas - Meski pelambatan ekonomi global belum menunjukkan perbaikan, kalangan produsen alat berat masih menganggap Indonesia merupakan pasar penting. Penurunan harga batubara memang berdampak pada pertumbuhan permintaan alat-alat berat. Namun, mereka tetap tertarik pada Indonesia karena pertumbuhan ekonominya tergolong tinggi.

”Indonesia tetap merupakan pasar penting. Dalam hal permintaan produk kami, Indonesia menempati posisi nomor tiga setelah Brasil dan Peru,” kata Daniel Bergqvist, perwakilan dari Scania Mining, dalam Bauma Media Dialogue, di Muenchen, Jerman, Selasa (29/1) malam.

Wartawan Kompas Andreas Maryoto melaporkan, Bauma Media Dialogue adalah forum pertemuan antara media dan produsen alat berat dari seluruh dunia. Dialog itu diadakan untuk memberi informasi terakhir mengenai perkembangan alat berat sebelum diadakan pameran alat berat pada April.

Scania Mining, yang salah satu produknya adalah truk penunjang untuk konstruksi dan pertambangan, melihat pembangunan infrastruktur di Indonesia. Pertambangan masih akan menarik produsen alat berat.

Meski demikian, Daniel mengatakan, secara umum, terkait penjualan alat berat, pihaknya secara umum masih menunggu perkembangan di China. Apabila ekonomi China segera bangun, permintaan alat-alat berat akan segera naik lagi.

Sementara itu, Lynsey Hanney, Manajer Pemasaran Terex, sebuah perusahaan alat berat, mengatakan, persaingan produk-produk alat berat semakin ketat setelah dimasuki produsen alat berat dari China.

”Kami hanya bisa bertahan dengan kualitas. Saya yakin orang masih mau mengeluarkan biaya berapa pun untuk mendapatkan produk yang sesuai dengan keinginannya. Kuncinya sekali lagi, kualitas,” katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com