Kurator: Uang Kas Batavia Air Kosong

Kompas.com - 07/02/2013, 09:47 WIB
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com — Kurator dari PT Metro Batavia (Batavia Air) selaku penanggung jawab aset pailit Batavia Air mengaku telah menghitung nilai aset milik PT Metro Batavia. Hingga saat ini, nilai aset yang dimiliki PT Metro Batavia itu hanya Rp 1 miliar.

Sementara itu, nilai utang dari Batavia Air tercatat sebesar Rp 1,2 triliun. "Aset tercatat saat ini Rp 1 miliar yang berasal dari 20 bank. Uang kas mereka habis semua. Sementara itu, utangnya sebesar Rp 1,2 triliun," ujar Turman Panggabean, salah satu kurator Batavia Air saat dihubungi KONTAN, Rabu (6/2/2013).

Turman menyatakan, utang terbesar maskapai ini berbentuk utang ke bank sebesar Rp 230 miliar. Setelah, itu utang kepada karyawan Rp 140 miliar, utang ke penyuplai sebesar Rp 140 miliar, dan utang tiket ke penumpang sebesar Rp 95 miliar. Sisa utang lainnya, Turman tidak dapat menjelaskannya.

Turman mengatakan bahwa 16 pesawat yang dimiliki Batavia Air bukan kepemilikan maskapai tersebut karena menggunakan sistem sewa dengan pihak ketiga.

Turman menyebut, ada beberapa aset Batavia Air kini berupa properti. Namun, penaksiran harga belum dilakukan sehingga aset tersebut belum tercatat. "Ruko-ruko milik Batavia ada banyak, tetapi kami masih menyelidiki apa itu punya perusahaan atau pemilik perusahaan. Kami sedang melacak surat-suratnya ada di mana saja," ujar Turman. (Oginawa R Prayogo/Kontan)

 

Baca tentang


    Rekomendasi untuk anda
    25th

    Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X