Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dengan Monorel, Bekasi-Jakarta Cuma 30 Menit

Kompas.com - 07/02/2013, 22:57 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Direktur Utama PT Adhi Karya Kiswodarmawan mengatakan, jarak Bekasi-Jakarta dapat ditempuh dalam waktu kurang dari 30 menit dengan moda transportasi monorel yang direncanakan.

Hal tersebut disampaikannya di depan Wakil Menteri Perhubungan Bambang Susantono, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo, dan perwakilan pemerintah daerah yang datang di Kementerian Perhubungan, Kamis (7/2/2013) siang tadi.

PT Adhi Karya Tbk memaparkan rencana pembangunan jalur baru monorel yang membentang dari arah timur ke barat Jakarta. Rute ini akan menghubungkan warga Bekasi dan Jakarta.

Rute baru yang diusulkan adalah Bekasi Timur-Cawang (18,1 km), Cibubur-Cawang (13,7 km), dan Cawang-Kuningan (7,17 km). Total panjang ketiga rute tersebut 39,03 km.

Berdasarkan perhitungan, jarak Bekasi-Jakarta itu bisa ditempuh dalam waktu kurang 30 menit. Rinciannya, rute Bekasi Timur ke Cawang dapat ditempuh 24 menit, Cibubur ke Cawang ditempuh 18 menit, dan Cawang ke Kuningan hanya 15 menit.

Kiswo menambahkan, proyek monorel dibangun dalam tiga tahap, yaitu pertama, Bekasi Timur-Cawang sepanjang 18,14 kilometer, Cibubur-Cawang dengan panjang 13,73 km, serta Cawang-Kuningan sepanjang 11,69 km.

Ia menjelaskan, keunggulan transportasi massal tersebut karena daya angkut sangat besar yang bisa mencapai sekitar 30.000 penumpang per hari.
Dengan kapasitas tersebut, maka monorel diharapkan bisa mengurangi penggunaan kendaraan pribadi di jalan raya.

"Penurunan penggunaan mobil pribadi yang beralih ke monorel diperkirakan bisa mengurangi penggunaan BBM hingga 573.000 liter per hari atau setara Rp 5 miliar sehari, atau sekitar Rp 1,5 triliun dalam setahun," papar Kiswo.

Usulan jalur baru monorel tersebut dibuat PT Adhi Karya setelah jalur monorel yang ada di dalam Kota Jakarta jalur Kuningan-Senayan-Palmerah diambil alih oleh PT Jakarta Monorail. Untuk rute baru, PT Adhi Karya membentuk konsorsium yang terdiri dari perusahaan BUMN, yakni PT Jasa Marga Tbk, PT Lembaga Elektronika Negara (LEN), PT Telkom Tbk, PT Industri Kereta Api (Inka), dan Bank Mandiri. (Kontan/Oginawa R Prayogo)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com