Kompas.com - 14/02/2013, 10:23 WIB
EditorErlangga Djumena

NEW YORK, KOMPAS.com  Nilai kekayaan miliarder terkaya dunia asal Meksiko, Carlos Slim, terpangkas 3,8 miliar dollar AS atau sekitar Rp 37 triliun di sepanjang transaksi hari Rabu (13/2/2013) waktu setempat.

Data yang berhasil dihimpun Bloomberg menunjukkan, nilai kekayaan bersih Slim turun menjadi 74,2 miliar dollar AS. Angka ini lebih besar 7,9 miliar dollar AS dari pendiri Microsoft Corp, Bill Gates.

Salah satu penyebab terpangkasnya kekayaan Slim ialah penurunan harga saham America Movil SAB setelah menyebutkan pelambatan ekonomi Meksiko akan memukul tingkat pendapatan perusahaan pada kuartal IV 2012 dan Januari.

Saham America Movil terpangkas 10 persen menjadi 14,17 peso pada penutupan saham di Mexico City. Ini merupakan penurunan terbesar sejak April 2008 lalau. Penurunan tersebut turut menyeret IPC Index, indeks acuan Meksiko, yang mencatatkan penurunan sebesar 1,7 persen karena perusahaan Slim menyumbang seperlima dari kapitalisasi indeks.

Menurut Chief Executive Officer America Movil, Daniel Hajj, pendapatan dari telepon wireless di Meksiko yang notabene merupakan pangsa pasar terbesar perusahaan terus mengalami penurunan di Januari.

Padahal, pada kuartal IV 2012 lalu, penurunan pendapatan perusahaan mencapai 3,8 persen. Kondisi ini menyebabkan America Movil harus mencari peluang di pasar lain. (Barratut Taqiyyah/Kontan)

 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.