Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ambisi Sebagai Jaringan Hotel Terbanyak di Indonesia

Kompas.com - 18/02/2013, 14:05 WIB

KOMPAS.com - Industri Meeting, Incentives, Convention and Exhibition (MICE) kini tengah berkembang pesat di Indonesia. Tak pelak, hal ini ikut mempengaruhi perkembangan industri perhotelan tanah air.

“Bila kita melihat dalam kurun waktu 3 tahun terakhir, pasti setiap bulan bahkan setiap harinya terdapat iklan mengenai opening hotel di media-media besar nasional. Hal ini menandakan market industri perhotelan Indonesia masih terus berkembang,” ujar Direktur Utama PT Graha Multi Utama Andy Widjanarko

PT Graha Multi Utama (GMU) merupakan perusahaan yang bergerak di bidang bisnis properti hotel dan berada di bawah holding company PT Dyandra Media International (DMI) berusaha mengembangkan properti hotel di Indonesia. Hal ini sebagai bagian dari strategi integrasi untuk berkembang di Industri MICE dan memaksimalkan potensial market dari sektor pariwisata.

Tak tanggung-tanggung, GMU ingin memiliki jaringan hotel terbanyak yang tersebar di seluruh Indonesia. Hotel-hotel tersebut dibangun berdekatan dengan convention and exhibition hall di kota-kota besar yang tersebar di Indonesia. Sebut saja Santika Premiere Dyandra Hotel & Convention Medan dan Santika Siligita di Bali.

Sehingga, delegasi pertemuan dan pengunjung pameran yang diselenggarakan dapat menjadi target market potensial mereka, selain tentunya para wisatawan mancanegara dan domestik lainnya. Salah satu strategi integrasi yang dilakukan GMU akan terwujud pada saat perhelatan Konferensi Tingkat Tinggi APEC, konferensi berkelas internasional yang dihadiri 21 kepala negara dan 24.000 delegasi.

KTT APEC tersebut akan memakai Bali Nusa Dua Convention Centre (BNDCC) sebagai tempat perhelatan, pada bulan Oktober 2013 mendatang. BNDCC kini sedang mengerjakan pembangunan tahap kedua yang direncanakan selesai pada bulan Maret tahun ini.

Pada pembangunan tahap dua, BNDCC dilengkapi juga dengan Hotel Amaris, brand properti hotel yang jaringannya tengah dikembangkan oleh GMU. Hal ini tentu akan memudahkan kebutuhan penginapan para tamu undangan, dan para delegasi yang menghadiri konferensi tersebut.

Pertumbuhan Industri Hotel di Indonesia

Pertumbuhan industri hotel di Indonesia memang tak pernah lepas dari perkembangan industri pariwisata yang mampu memancing minat wisatawan untuk berkunjung ke Indonesia. Menurut survei Cushman & Wakefield Indonesia, hingga 2015 akan ada 4.000 kamar hotel baru di Jakarta.

Hal ini membuat PT Graha Multi Utama optimis dalam mengembangkan bisnis properti hotel melalui brand Hotel Amaris. Dalam portfolio GMU, tercatat ada 6 hotel milik GMU yang telah beroperasi, sementara 5 hotel lainnya akan selesai dirampungkan tahun ini, dan 10 hotel lainnya akan dibuka pada tahun 2014.

GMU menargetkan untuk lima tahun ke depan akan dapat mengoperasikan 50 hotel dengan 6.000 kamar. Konsepnya adalah jaringan hotel dengan tingkat penyebaran merata di semua ibu kota provinsi bahkan hingga ke tingkat kabupaten di Indonesia.

“Hotel Amaris memang akan dibangun dalam jumlah banyak, karena bila hotel kami mampu dijumpai di berbagai tempat, maka para calon tamu kami akan merasa nyaman dalam hal menentukan pilihan menginap,” ungkap Andy.

Hal itu, lanjutnya, juga membuat orang-orang tidak perlu lagi menanyakan informasi mengenai Hotel Amaris. Karena, secara langsung maupun tidak langsung tercipta brand awareness dari banyaknya jumlah Hotel Amaris itu sendiri di Indonesia.

Ikuti twitter Kompas Travel di @KompasTravel

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com