Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Saham Tambang Tertekan, CPO Bisa Sebaliknya

Kompas.com - 19/02/2013, 08:58 WIB
Robertus Benny Dwi Koestanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com -  Bursa saham di kawasan regional Asia, Selasa (19/2/2013) pagi ini dibuka variatif dengan kecenderungan menguat. Ini menjadi sentimen positif di tengah kemungkinan ambil untung investor yang dapat menekan Indeks Harga Saham Gabungan.

Penguatan bursa Asia terdorong oleh rilis kinerja Bridgestone Corp yang di atas ekspektasi. Harga minyak pagi ini terkoreksi tipis ke level 95,6 dollar AS per barrel. Riset Samuel Sekuritas Indonesia memerkirakan IHSG hari ini bergerak mendatar dengan kecenderungan melemah seiring koreksi pada beberapa berbasis pertambangan khususnya metal seiring koreksi harga metal dunia.

Namun demikian, beberapa saham CPO akan mendapatkan sentimen positif dari penguatan harga CPO Rotterdam semalam. Level dukungan indeks berada di level 4.585.

Bursa Eropa bergerak melemah pada perdagangan semalam memfaktorkan rilis kinerja beberapa emiten yang di bawah ekspektasi dan pernyataan gubernur ECB bahwa perekonomian Uni Eropa akan pulih dengan sangat lambat dengan beberapa risiko khususnya pelemahan konsumsi dan krisis politik.

Sementara bursa AS tutup karena libur Presidents' Day. Harga metal dunia melemah signifikan pada perdagangan semalam dengan nikel turun sekitar 2,8 persen dan timah melemah sektiar dua persen. sementara harga CPO Rotterdam melanjutkan penguatannya dalam dua hari berturut-turut dan menguat 6 persen ke level 880 dollar AS per ton. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com