Kompas.com - 22/02/2013, 09:15 WIB
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com  - Dirjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan Bobby Mamahit mengatakan, transportasi laut Indonesia akan diperkuat. Sebab, transportasi laut akan menghubungkan pulau-pulau khususnya pulau terpencil Indonesia.

"Kondisi Indonesia itu kan dua per tiga laut. Jadi transportasi kita jangan sampai lengah. Apalagi program MP3EI itu harus didukung oleh transportasi laut," kata Bobby saat ditemui di kantor Kementerian Perhubungan Jakarta, Kamis (21/2/2013).

Menurut Bobby, kondisi transportasi laut ini memang harus didukung oleh sistem transportasi yang cepat dan murah. Sistem transportasi ini juga harus didukung oleh sarana transportasi laut seperti kapal laut, pelabuhan hingga urusan sumber daya manusia (SDM). 

Saat ini, pemerintah terus menyinergikan antara sistem transportasi di kawasan Indonesia Timur dan Indonesia kawasan Barat. Sehingga konektivitas antarpulau di Indonesia ini akan berlangsung baik.

Selama ini, konektivitas ini hanya berdasarkan satu dua pulau saja dan belum bisa menyinergikan antara pulau di kawasan Timur dengan kawasan Barat.  "Ini yang harus didukung oleh seluruh otoritas," tambahnya.

Untuk nilai investasinya, menurut Kepala Pusat Komunikasi Publik Kementerian Perhubungan Bambang S Ervan menjelaskan pemerintah akan mendatangkan 14 unit kapal Roro dengan total investasi mencapai Rp 400 miliar. Untuk satu unit kapal harganya sekitar Rp 30 miliar- Rp 35 miliar dengan kapasitas 75 Gross Ton. 

Untuk empat kapal perintis, terdiri dari satu unit kapal berukuran 750 Deadweight Ton seharga Rp 24 miliar, satu unit kapal berukuran 500 Deadweight Ton seharga Rp 20,4 miliar dan dua unit kapal 1.200 Deadweight Ton total nilai Rp 95,4 miliar.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.