Kompas.com - 23/02/2013, 18:31 WIB
Penulis Fabio Lopes
|
EditorNasru Alam Aziz

JAKARTA, KOMPAS.com -- Partai Demokrat membutuhkan minimal 27 suara dari 50 anggota komisi XI DPR RI untuk bisa meloloskan Agus Martowardojo sebagai Gubernur Bank Indonesia mengantikan Darmin Nasution.

Hal itu dikemukakan Wakil Ketua Komisi XI DPR Harry Azhar Azis kepada Kompas di Jakarta, Sabtu (23/2/2013).

Saat ini jumlah suara terbanyak di Komisi XI DPR, mayoritas berasal dari tiga fraksi , yakni Fraksi Demokrat sebanyak 13 suara, Fraksi Golkar (10), dan Fraksi PDI Perjuangan (8).

Mengenai seberapa besar peluang Agus menjadi Gubernur BI, Harry menyatakan belum bisa berkomentar banyak mengenai hal itu. Namun dia mengungkapkan bahwa berdasar pengalaman pada tahun 2008 Agus dan Raden Pardede pernah ditolak menjadi Gubernur BI, akan menjadi catatan bagi Komisi XI.

Selain itu, Harry mengungkapkan bahwa selama ini terjadi banyak benturan antara Komisi XI dengan Agus Martowardojo sebagai Menteri Keuangan. Salah satunya pada tahun 2011 mengenai Peraturan Menteri Keuangan Nomor 133 Tahun 2010 terkait peran Komite Pengawas Perpajakan (KPP) yang turut melakukan pengawasan terhadap aktivitas bea dan cukai. Permen tersebut ditentang keras oleh Komisi XI.

"Seharusnya KPP hanya mengurus mengenai perpajakan, bukan Bea dan Cukai. Beliau pun telah menyetujui usulan kami, namun permen tersebut belum diubah," tutur politisi asal Partai Golkar ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.