Kompas.com - 25/02/2013, 11:19 WIB
|
EditorRobert Adhi Ksp

JAKARTA, KOMPAS.com - Gangguan proses pengiriman di Brasil karena padatnya arus di pelabuhan setempat membuat harga gula terkerek naik.

Antrean di pelabuhan Brasil membuat proses pengiriman gula tertunda, karena harus menunggu pemuatan komoditas biji-bijian terlebih dahulu. Gangguan juga dipicu oleh rencana pemogokan buruh pelabuhan di Brasil, yang ingin menuntut kenaikan upah.

Pada perdagangan Senin (25/2/2013), harga gula untuk Mei melonjak 1,4 persen menjadi 18,15 cent di ICE Futures AS, New York. Support 17,37 cent dan resistant 18,5 cent per pound.

Di dalam negeri. PT Perkebunan Nusantara (PTPN) X siap memproduksi 200.000 ton gula dengan kualitas premium tahun ini. Jumlah tersebut berkisar 40 persen dari target total produksi gula PTPN X tahun ini yang mencapai 538.000 ton.

Salah satu parameter gula berkualitas premium yang dimaksud dalam hal ini adalah gula dengan kadar keputihan menurut skala ICUMSA (International Commission for Uniform Methods of Sugar Analysis) di bawah 100. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.