Kompas.com - 26/02/2013, 08:38 WIB
|
EditorRusdi Amral

JAKARTA, KOMPAS.com — Sentimen investor mulai terganggu, sehingga menekan pergerakan bursa saham di tingkat global, khususnya Amerika Serikat dan Eropa. Selain karena pemilihan umum di Italia dan diturunkannya peringkat utang Inggris, juga karena kondisi di AS terkait pemangkasan anggaran per 1 Maret mendatang.

Seperti dikutip ekonom Samuel Sekuritas Indonesia, Lana Soelistianingsih, di Jakarta, pada Selasa (26/2/2013), pemilihan umum di Italia tampak kurang diminati warga Italia. Jumlah pemilih turun drastis karena kepercayaan warga semakin menurun. Mereka pesimis dengan kondisi ekonomi yang memburuk.

Dari Inggris, Moody's menurunkan peringkat utang satu level menjadi Aa1 dari Aaa di tengah resesi ekonomi. Sementara itu, dari AS, Gedung Putih, dan Kongres belum melakukan kesepakatan terkait pemangkasan anggaran otomatis yang diundur dari 1 Januari lalu menjadi 1 Maret 2013. Belum ada tanda-tanda kompromi antara Presiden Obama dengan Partai Republik sebagai oposisi.

Indeks Dow tercatat turun 1,55 persen, imbal hasil TB-10 tahun AS kembali turun 10 basis poin (bps) menjadi 1,86 persen. Euro melemah 0,9 persen, imbal hasil TB-10 tahun Italia kembali naik 28 bps menjadi 4,49 persen.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X