Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sentimen Investor Mulai Terganggu Pemilu Italia

Kompas.com - 26/02/2013, 08:38 WIB
Robertus Benny Dwi Koestanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Sentimen investor mulai terganggu, sehingga menekan pergerakan bursa saham di tingkat global, khususnya Amerika Serikat dan Eropa. Selain karena pemilihan umum di Italia dan diturunkannya peringkat utang Inggris, juga karena kondisi di AS terkait pemangkasan anggaran per 1 Maret mendatang.

Seperti dikutip ekonom Samuel Sekuritas Indonesia, Lana Soelistianingsih, di Jakarta, pada Selasa (26/2/2013), pemilihan umum di Italia tampak kurang diminati warga Italia. Jumlah pemilih turun drastis karena kepercayaan warga semakin menurun. Mereka pesimis dengan kondisi ekonomi yang memburuk.

Dari Inggris, Moody's menurunkan peringkat utang satu level menjadi Aa1 dari Aaa di tengah resesi ekonomi. Sementara itu, dari AS, Gedung Putih, dan Kongres belum melakukan kesepakatan terkait pemangkasan anggaran otomatis yang diundur dari 1 Januari lalu menjadi 1 Maret 2013. Belum ada tanda-tanda kompromi antara Presiden Obama dengan Partai Republik sebagai oposisi.

Indeks Dow tercatat turun 1,55 persen, imbal hasil TB-10 tahun AS kembali turun 10 basis poin (bps) menjadi 1,86 persen. Euro melemah 0,9 persen, imbal hasil TB-10 tahun Italia kembali naik 28 bps menjadi 4,49 persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com