Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Konsorsium WIKA Menangkan Tender Perluasan Bandara

Kompas.com - 26/02/2013, 15:16 WIB
Didik Purwanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — PT Angkasa Pura II menetapkan konsorsium PT Wijaya Karya Tbk (WIKA) sebagai pemenang tender pembangunan perluasan Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta di Cengkareng. Nilai kontraknya mencapai Rp 4,7 triliun.

Konsorsium yang bernama Kawahapejaya Indonesia ini terdiri dari PT Wijaya Karya Tbk (WIKA), PT Waskita Karya Tbk, PT Hyundai Engineering Co LTD, PT Pembangunan Perumahan Tbk (PTPP), PT Jaya Teknik Indonesia, dan PT Indulexco. Penetapan pemenang tender ini berdasarkan evaluasi administrasi, teknis, harga, kualifikasi, dan verifikasi yang telah dilakukan oleh PT Angkasa Pura II.

Corporate Secretary Wijaya Karya Natal Argawan menjelaskan, WIKA dalam konsorsium ini bertindak sebagai lead consortium yang telah ditunjuk oleh PT Angkasa Pura II sebagai pemenang pada 20 Februari 2013.

"Kami memiliki porsi 37 persen dalam konsorsium ini dari total nilai proyek atau sekitar Rp 1,7 triliun," kata Natal dalam siaran keterbukaan di Bursa Efek Indonesia, di Jakarta, Selasa (26/2/2013).

Rencananya proyek ini akan berlangsung selama 850 hari terhitung sejak ditetapkan dalam penandatanganan perjanjian kontrak. Sementara lingkup pekerjaan konsorsium meliputi detail engineering design (DED) dan pelaksanaan konstruksi (design-build) pada mainbuilding terminal, jalan, dan lahan parkir.

Tahun ini, Wijaya Karya menargetkan dapat mendapat kontrak sebesar Rp 38,87 triliun, naik 21,15 persen dibandingkan pencapaian pada 2012. Perolehan kontrak ini termasuk kontrak carry over dari 2012 sebesar Rp 18,12 triliun.

"Sedangkan komposisi perolehan kontrak masih didominasi induk perusahaan sekitar 70 persen dan sisanya anak perusahaan 30 persen," katanya.

Tahun 2013, Wijaya Karya menargetkan dapat meraih laba kotor sebesar Rp 1,51 triliun, naik 26,23 persen dibandingkan pencapaian 2012 sebesar Rp 1,19 triliun. Adapun laba bersih diproyeksikan Rp 555,06 miliar, naik 28,88 persen dari pencapaian 2012 sebesar Rp 430,68 miliar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com