Kompas.com - 01/03/2013, 08:46 WIB
|
EditorRobert Adhi Ksp

JAKARTA, KOMPAS.com — Senat Amerika Serikat menyetujui penetapan pemangkasan anggaran otomatis total sebesar 1,2 triliun dollar AS untuk 9 tahun dan sebesar 85 miliar dollar AS untuk tahun 2013 ini. Persetujuan itu diperoleh Senat melalui pemungutan suara, Kamis (28/2/2013).

Pemangkasan itu, menurut ekonom Samuel Sekuritas Indonesia, Lana Soelistianingsih, dikenal sebagai sequestration. Itu sekaligus menolak proposal dari Partai Republik dan Partai Demokrat. Pemangkasan ini dinilai akan menurunkan pertumbuhan ekonomi AS sebesar 0,6 persen.

Keputusan akan dibawa ke Kongres AS untuk difinalisasi. "Keputusan ini menunjukkan kebuntuan negosiasi yang harus dilakukan oleh Presiden Obama untuk mempertahankan defisit anggaran AS yang masih diperlukan untuk membuat ekonomi AS tidak kembali melambat atau menuju resesi," kata Lana di Jakarta, Jumat (1/3/2013).

Pasar AS merespons negatif hasil pemungutan suara yang di luar dugaan ini. Indeks Dow Jones Industrial Average melemah 0,15 persen ke level 14.054; Indeks S&P 500 turun tipis 0,09 persen ke level 1.514, dan Indeks Komposit Nasdaq melemah 0,07 persen ke level 3.160. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.