Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inflasi Meroket, BI Rate Harus Naik

Kompas.com - 03/03/2013, 12:25 WIB
Didik Purwanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Direktur Global Market HSBC Indonesia Ali Setiawan menilai Bank Indonesia (BI) harus segera menaikkan suku bunga acuan BI (BI Rate) karena inflasi per bulan semakin meningkat.

"Ini perlu sikap tegas BI bahwa BI harus segera menaikkan suku bunganya. Sebab, inflasi sudah mulai naik," kata Ali di Jakarta, Minggu (3/3/2013).

Kendati demikian, BI pasti telah memiliki standar tersendiri untuk bisa menaikkan dan menurunkan suku bunga acuannya. Memang, hingga saat ini, BI masih konsisten menjaga stabilitas BI rate bertahan di 5,75 persen selama 13 bulan terakhir. "Ini memang BI belum mau menaikkan," tambahnya.

Berita sebelumnya, Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat inflasi bulanan Februari 2013 sudah mencapai 0,75 persen. Hal ini juga diakui oleh Menteri Keuangan Agus Martowardojo bahwa inflasi di bulan ini di luar perkiraannya semula.

Gubernur BI Darmin Nasution sendiri sebelumnya juga hanya memperkirakan inflasi Februari hanya 0,5-0,6 persen. Bahkan, inflasi ini lebih rendah dibanding bulan lainnya. Namun, jika dibanding tahunan, maka inflasi Februari akan lebih tinggi, yaitu di atas 5 persen. BI menargetkan inflasi tahunan akan mencapai 4,5 plus minus 1 persen. Jika kurang dari itu, maka BI bergeming untuk menaikkan suku bunga acuannya.

Kepala BPS Suryamin juga masih meyakini bahwa inflasi Februari (yoy) yang sudah mencapai 5,31 persen dinilai masih aman. Meski BPS sendiri juga meyakini bahwa inflasi tahunan Februari 2013 ini merupakan yang tertinggi selama 10 tahun terakhir, pihaknya percaya bahwa inflasi ini hanya temporer dan akan kembali turun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com