Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BRI Genjot Transaksi Elektronik

Kompas.com - 03/03/2013, 21:01 WIB
Didik Purwanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) kian serius menggenjot transaksi bisnis elektroniknya (e-channel). Hanya dalam waktu tiga tahun, transaksi bisnis melalui kartu debit dan kartu kredit ini menembus satu miliar transaksi.

Sekretaris Perusahaan BRI Muhamad Ali menjelaskan upaya tersebut telah didukung oleh ratusan tenaga ahli Teknologi Informasi (TI) untuk menggarap transaksi masa depan ini. "Di tahun ini, transaksi bisnis elektroniknya telah menembus 1,015 miliar kali transaksi," kata Ali dalam siaran pers di Jakarta, Minggu (3/3/2013).

Ali menilai transaksi bisnis elektronik ini terus meningkat setiap tahun. Pada tahun 2010, transaksi bisnis elektroniknya hanya mencapai 356 juta kali transaksi. Namun pada 2011 sudah meningkat hampir dua kali lipat menjadi 736 kali transaksi. Dengan kenaikan transaksi tersebut, maka akan mendorong pendapatan berbasis bunga (fee based income) perseroan.

Di tahun 2012, kontribusi pendapatan berbasis bunga ke total pendapatan meningkat menjadi 6,9 persen dari tahun sebelumnya hanya 6,3 persen. Sementara pendapatan bunga bersih dari transaksi elektroniknya sendiri di akhir tahun 2012 meningkat menjadi 61,2 persen dari tahun sebelumnya hanya 27,5 persen.

Hal ini juga dibuktikan dengan peningkatan jumlah kartu debit (Simpedes dan Britama) di tahun 2012 meningkat lebih dari 60 persen dari tahun sebelumnya yaitu dari 10,5 juta kartu menjadi 17 juta kartu. Jumlah ATM juga meningkat dari 7.000 unit menjadi 14.292 unit ATM. "Ke depan, pertumbuhan pendapatan berbasis bunga akan didorong oleh pertumbuhan fee income yang berbasis transaksional," tambahnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com