Kompas.com - 08/03/2013, 19:18 WIB
|
EditorAgus Mulyadi

JAKARTA, KOMPAS.com — Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (Gapki) memproyesikan produksi CPO tahun ini bakal mencapai 28 juta ton. Jumlah itu naik 7,5 persen dibandingkan dengan produksi tahun 2012. Peningkatan dipengaruhi oleh tambahan produksi dari pohon yang ditanam pada 2008.

Sekretaris Jenderal Gapki Joko Supriyono mengatakan, tanaman sawit akan optimal setelah berusia empat  tahun. Pada tahun pertama, produktivitas tanaman sawit 7 ton tandan buah segar (TBS) per hektar. Pada tahun kedua, produktivitas naik menjadi 12 ton TBS per hektar. Tahun ketiga, produktivitas naik menjadi 18 ton TBS per hektar. Pada tahun ke empat, produktivitas bisa mencapai lebih dari 20 ton hingga 25 ton TBS per hektar.

Pertumbuhan produksi CPO tahun ini masih lebih rendah dibandingkan 2012. Tahun lalu pertumbuhan produksinya mencapai 12,76 persen. Meski pertumbuhannya mengecil, produksi tahun ini masih mengungguli Malaysia. Produksi CPO negara jiran tersebut diperkirakan hanya mencapai 18,9 juta ton, naik tipis 0,53 persen dibandingkan 2012 yang sebesar 18,8 juta ton.

 

 

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X