Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

1 Dokumen Lagi, Monorel Bakal Diputuskan Jokowi

Kompas.com - 11/03/2013, 19:04 WIB
Indra Akuntono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Kelanjutan pembangunan megaproyek monorel terus mendekati kepastian. Pihak PT Jakarta Monorel (JM) mulai melengkapi dokumen setelah Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo tak henti-henti mendesaknya. Dijumpai di Balaikota Jakarta, Joko Widodo alias Jokowi menyampaikan perkembangan terkini tentang rencana pembangunan monorel.

Ia mengatakan, PT JM telah menyelesaikan dan menyerahkan dokumen kepemilikan saham investor yang akan terlibat dalam pembangunannya, yakni Ortus Holding Ltd. Dengan begitu, keputusan Jokowi untuk merestui pembangunan monorel tinggal sejengkal lagi. Ia berjanji akan segera memutuskan pembangunannya begitu PT JM menyelesaikan dokumen utang piutang terkait ganti rugi biaya tiang pancang kepada PT Adhi Karya.

"Sudah ada progres baik. Hanya kurang satu, baru saja laporan ke saya. Pengambilan saham sudah beres, tinggal (ganti rugi) tiangnya saja belum. Kalau tiangnya beres, langsung jalan," kata Jokowi, Senin (11/3/2013).

Mantan Wali Kota Surakarta ini memastikan, proses pembangunan monorel akan dibangun mulai tahun ini. Pasalnya, saat ini PT JM hanya tinggal mencari kesepakatan harga ganti rugi tiang pancang dengan PT Adhi Karya. "Katanya sih masih belum sepakat masalah harga, masih tawar-menawar, nanti saya ikut menyambungkan. Ini kan masalah bisnis dengan bisnis, biar cepat rampung," ujarnya.

Mengenai jalurnya, PT JM akan menggunakan konsep yang telah dikaji sejak lima tahun lalu. Rute yang diajukan yakni Green Line dengan jalur Semanggi-Casablanca-Kuningan-Sudirman-Karet-Semanggi, serta Blue Line pada rute Kampung Melayu-Casablanca-Karet-Tanahabang-Roxi-Mall Taman Anggrek.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com