Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasar Tenaga Kerja di AS Membaik

Kompas.com - 13/03/2013, 08:00 WIB
Robertus Benny Dwi Koestanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com -- Pasar tenaga kerja di Amerika Serikat masih menunjukkan perbaikan. Hal ini memberi dorongan bagi terus meningkatnya pasar saham Wall Street akhir-akhir ini.

Data dari Labor Department mencatat payrolls naik sebesar 119.000 pekerja pada Januari. Job creation naik sebesar 236.000. Kenaikan ini diikuti dengan turunnya jobless claims.

Menurut ekonom Samuel Sekuritas Indonesia, Lana Soelistianingsih, dalam setahun terakhir pada Januari 2013, ekonomi AS menciptakan 2 juta lowongan pekerjaan. Walaupun demikian masih terdapat sekitar 12,3 juta penduduk yang belum bekerja atau mencapai 7,7 persen tingkat pengangguran pada bulan Februari, turun dari 7,9 persen pada bulan Januari.

"Perbaikan di pasar tenaga kerja ini memberi optimisme pemulihan ekonomi yang berlanjut di AS, kendati hingga saat ini belum ada kesepakatan yang detil mengenai pengurangan defisit anggaran kecuali adanya pengunduran waktu pada beberapa pos pengeluaran," tutur Lana, Rabu (13/3/2013).

Pendapatan masyarakat diperkirakan membaik sehingga keyakinan konsumen tetap akan tinggi sebagai pendorong konsumsi masyarakat. Hal ini tidak terlepas dari peran mereka sebagai penyumbang 70 persen dari PDB AS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com