Kekayaan Orang Terkaya Dunia "Terancam"

Kompas.com - 13/03/2013, 11:22 WIB
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com — Kekayaan orang terkaya nomor satu di dunia versi Forbes, Carlos Slim Helu, bakal terancam. Sebab, Pemerintah Meksiko saat ini sedang mengajukan rancangan undang-undang (RUU) untuk mengurangi dominasi konglomerat di bisnis telekomunikasi dan media.

Selama ini, hampir setengah dari kekayaan Carlos Slim diperoleh dari perusahaan telekomunikasi terbesar di Meksiko, America Movil. Di perusahaan ini, Carlos memang menjadi CEO dan pemimpin utamanya.

Seperti dikutip Bloomberg, dalam RUU tersebut nantinya pemerintah bisa memaksa pebisnis telekomunikasi dan media yang menguasai bisnis tersebut di atas 50 persen untuk menjual sebagian asetnya.

Selain itu, pemerintah juga akan mengurangi batasan kepemilikan asing di aset telepon tetap (fixed line) dan membatasi kepemilikan asing hingga 49 persen di sektor penyiaran televisi dan radio.

Dengan aturan baru ini, Pemerintah Meksiko ingin agar industri telekomunikasi dan media yang berpotensi bisa meraup pendapatan hingga 30 miliar dollar AS ini bisa semakin kompetitif.

Beberapa operator kecil yang selama ini tidak berhasil menyalip perusahaan besar seperti America Movil nantinya bisa mencari investor asing dan bisa tumbuh.

Presiden Meksiko Enrique Pena Nieto berjanji akan mendukung RUU tersebut. Dalam reformasi aturan ini tentunya akan memungkinkan pertumbuhan di bisnis telekomunikasi dan media. Namun, untuk bisa mencapai hal tersebut, Nieto berpesan agar perusahaan terus berinvestasi dan berinovasi, menawarkan harga yang baik dan meningkatkan kualitas layanan mereka.

Merespons kabar tersebut, saham America Movil turun 3,3 persen menjadi 13,15 peso per saham kemarin. Harga tersebut merupakan harga terendah sejak 13 Juli 2009.

Peringkat saham perseroan juga langsung anjlok setelah Credit Suisse Group AG menurunkan peringkat sahamnya. America Movil yang saat ini mengendalikan 70 persen pasar mobile dan 80 persen pasar fixed line juga mengalami penurunan kekayaan.

Menurut Bloomberg Billionaires Index, kekayaan bersih Carlos Slim turun 756 juta dollar AS menjadi 72,1 miliar dollar AS. Kekayaannya tahun ini menurun 4,1 persen dari jumlah sebelumnya mencapai 73 miliar dollar AS.

Baca juga:
Orang Terkaya Indonesia: "Tidak Elok Saya Berkomentar"
10 Orang Terkaya Dunia Versi Forbes
Ini 25 Orang Terkaya di Indonesia

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X