Kompas.com - 15/03/2013, 10:33 WIB
|
EditorAgus Mulyadi

JAKARTA, KOMPAS.com — Garuda Indonesia, Jumat (15/3/2013), meresmikan pengoperasian wheelchair transporter di Bandara Internasional Soekarno-Hatta untuk melayani para difabel dan penumpang umum pengguna kursi roda (wheelchair).

Mobil khusus kursi roda itu merupakan layanan baru Garuda Indonesia bagi para pengguna jasa penyandang difabel dan penumpang umum pengguna kursi roda untuk kemudahan dan kenyamanan ketika melakukan boarding.

Mobil itu akan mengangkut penumpang pengguna kursi roda dari gate terminal keberangkatan ke pesawat, atau sebaliknya dari pesawat ke terminal kedatangan. Layanan itu hanya digunakan bila pesawat sedang diparkir di daerah remote (tempat parkir pesawat yang jauh dari terminal penumpang).

"Layanan ini kami harapkan akan semakin meningkatkan kenyamanan para pengguna jasa, khususnya para penyandang difabel dan penumpang umum pengguna kursi roda," kata Direktur Layanan PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk Faik Fahmi, Jumat (15/3/2013), dalam surat elektroniknya.

Di tengah tingginya tingkat kepadatan lalu lintas di Bandara Internasional Soekarno-Hatta Jakarta, dalam operasional sehari-hari masih ada beberapa pesawat Garuda Indonesia yang menaikkan dan menurunkan penumpang (boarding) di remote area, tidak melalui terminal.

Berkaitan dengan hal tersebut, Garuda mengoperasikan wheelchair transporter untuk memberikan kemudahan bagi penumpang menuju terminal dari remote area dan sebaliknya. Saat ini, layanan tersebut baru dioperasikan di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Jakarta.  

"Kami akan terus mengevaluasi layanan kami dan terus berinovasi bagi peningkatan layanan kepada para pengguna jasa, khususnya bagi para penyandang difabel. Ke depan, layanan wheelchair transporter ini secara bertahap akan dioperasikan di bandara-bandara besar lainnya, sesuai dengan tuntutan para pengguna jasa," tambah Faik Fahmi.

Di samping itu, sebagai upaya peningkatan layanan kepada para penyandang difabel, sejak tahun lalu Garuda Indonesia telah melaksanakan training mengenai penanganan khusus penyandang difabel kepada petugas Garuda Indonesia. Pelatihan antara lain dilaksanakan di Medan, Makassar, dan Surabaya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.