Festival Belitung Terkendala Transportasi

Kompas.com - 15/03/2013, 21:13 WIB
EditorI Made Asdhiana

BATAM, KOMPAS - Festival Belitung 2013 terancam batal karena terbatasnya sarana transportasi. Pelancong bakal kesulitan mendatangi dan memeriahkan ajang pariwisata di wilayah pulau tersebut.

Kepala Dinas Pariwisata Kepulauan Bangka Belitung, Yan Megawandi mengatakan, Festival Belitung 2013 menurut rencana dihelat Mei 2013. Festival di tepi pantai itu menjadi salah satu ajang menarik pelancong pada musim liburan. ”Karena penerbangan ke Belitung terbatas, kami akan mempertimbangkan kembali jadwalnya,” ujar Yan, Kamis (14/3/2013), ketika menghubungi Kompas di Batam, Kepulauan Riau.

Saat ini setiap hari hanya ada empat kali penerbangan Jakarta-Belitung. Selain itu, ada pelayaran dua kali sehari dari Bangka ke Belitung dengan waktu lima jam. ”Sebelum Batavia tutup, ada enam kali penerbangan. Sekarang, penerbangan terbatas dan sudah banyak keluhan calon pelancong sulit mendapat tiket penerbangan ke sini,” tuturnya.

Akibatnya, calon pelancong sulit ke Belitung. Padahal, pulau itu sudah dicanangkan sebagai salah satu daerah tujuan wisata utama Indonesia.

Pemerintah Provinsi Bangka Belitung sebenarnya sudah menghubungi Garuda Indonesia dan Citilink untuk membuka rute Jakarta-Belitung. Kontak dengan Garuda antara lain karena Bangka Belitung pernah mendapat janji manajemen maskapai BUMN tersebut. ”Sejak 2010, Garuda sudah berjanji membuka rute Jakarta-Belitung. Sampai sekarang belum terealisasi. Gubernur Bangka Belitung juga sudah mengirimkan surat resmi ke Garuda dan Citilink,” ujar Yan.

Selain menghubungi maskapai, Bandara HAS Hanandjoeddin, Belitung, juga diperbaiki. Panjang landasan ditambah dari 2.000 meter menjadi 2.500 meter. Ada pula perbaikan terminal untuk memperbesar kapasitasnya.

Sementara itu, juru bicara Citilink, Aristo Kristandy, menyatakan, pembukaan rute Jakarta- Belitung masih dalam persiapan. Namun, belum bisa dipastikan kapan rute itu mulai dilayani.

Juru bicara Garuda Indonesia, Pujobroto, mengatakan, pihaknya akan melayani rute Jakarta-Belitung mulai pertengahan Mei. Garuda akan mengoperasikan Boeing 737-500 untuk sekali penerbangan setiap hari.

Garuda juga akan membuka penerbangan Jakarta-Bengkulu dan Jakarta-Tanjung Pinang. Kedua rute itu juga akan mulai dilayani pertengahan Mei. (RAZ)



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X