Kompas.com - 16/03/2013, 10:34 WIB
|
EditorI Made Asdhiana

JAKARTA, KOMPAS.com - Survei TripBarometer oleh Tripadvisor, sebuah situs perjalanan, mengungkapkan bahwa 69 persen dari wisatawan di dunia menggunakan situs web review perjalanan saat mencari informasi dan merencanakan perjalanan mereka.

Lebih dari setengah responden atau sekitar 62 persen di Asia dan hampir setengah atau 46 persen dari responden di Indonesia melihat situs web review perjalanan wisata. Ada tiga sumber informasi online tersebut dilaporkan sebagai yang paling berguna oleh wisatawan di dunia dan Asia.

Ketiga sumber tersebut antara lain situs web review perjalanan, agensi perjalanan berbasis web, dan situs web operator perjalanan. Sumber informasi lainnya adalah berasal dari teman dan keluarga, majalah dan brosur wisata, serta media sosial.

Dengan wisatawan melakukan perencanaan perjalanan secara online, mereka juga menunjukkan kecenderungan untuk memilih jalur online sebagai saluran pemesanan utama. Secara global, kebanyakan dari wisatawan melakukan pemesanan melalui agensi perjalanan berbasis web, diikuti oleh situs web yang dimiliki oleh akomodasi itu sendiri.

Seperti termuat dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, pemilik bisnis melaporkan bahwa situs web mereka sebagai channel yang memberikan pemesanan paling banyak sekitar 35 persen diikuti oleh agensi perjalanan online sekitar 1 persen.

Data ini menggambarkan kisah yang sedikit kurang positif untuk agensi perjalanan store front atau offline. Dengan 9 persen dari wisatawan yang memesan akomodasi terakhir mereka melalui agen perjalanan offline.

Melihat dengan seksama hasil untuk akomodasi Asia, 28 persen melaporkan bahwa situs web mereka sebagai saluran yang menghasilkan pemesanan paling banyak, diikuti oleh agensi perjalanan online sekitar 24 persen dan aplikasi mobile mereka sendiri 13 persen.

Hasil dari TripBarometer menunjukkan bahwa situs web review perjalanan memiliki pengaruh terbesar terhadap pengambilan keputusan oleh wisatawan saat memilih akomodasi.

Sebesar 95 persen dari wisatawan Asia mengindikasikan bahwa review dan opini dari orang lain di situs web review perjalanan telah mempengaruhi keputusan mereka dalam memesan akomodasi perjalanan terakhir mereka.

Hal yang tidak mengagetkan adalah sebagian besar atau sekitar 97 persen dari akomodasi di wilayah tersebut memandang review online sebagai hal penting dalam pemesanan.

Ikuti twitter Kompas Travel di @KompasTravel



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X