Chaudary, Miliuner Pertama dari Nepal

Kompas.com - 18/03/2013, 02:47 WIB
Editor

Mendengar nama Nepal, yang tebersit di pikiran adalah negara yang dikuasai kaum Maois dan dibelit kemiskinan. Tampaknya sulit berbisnis di Nepal. Nepal juga bukan tempat yang berada dalam radar para investor.

Akan tetapi, Nepal ternyata bisa memunculkan seorang Binod Chaudhary (57), orang Nepal pertama yang tercantum dalam daftar orang terkaya sedunia versi majalah Forbes.

”Nepal memiliki potensi untuk membuat lompatan kuantum dalam waktu singkat,” kata wirausaha yang mengelola perusahaan ekspor dan impor serta menjadikannya salah satu konglomerasi global ini.

Chaudhary memimpin Chaudhary Group, yang memiliki anak perusahaan di beberapa negara dengan bidang usaha mulai real estat, keuangan, sampai produksi semen.

Dia juga dikenal sebagai pemilik pabrik mi merek Wai Wai yang dibuka di Nepal, pertengahan 1980-an. Pabrik ini berkembang ke India tahun 2005 dan saat ini menjual mi instan di 30 negara Asia.

”Perekonomian saat ini adalah soal gagasan, dan gagasan bukan monopoli negara-negara kaya saja. Gagasan pun bisa muncul dari Nepal,” ujar ayah tiga anak ini.

Menurut data Bank Pembangunan Asia (ADB), rata-rata penduduk Nepal berpendapatan kurang dari 600 dollar AS atau Rp 5,7 juta per tahun. Nepal masuk daftar negara termiskin di dunia.

Luar negeri

Kekayaan Chaudhary menggelembung karena investasi operasional perusahaannya di luar negeri. Sebenarnya hukum Nepal melarang warganya berinvestasi di luar negeri.

Mantan anggota parlemen itu memperluas bisnisnya dengan mengirim anaknya ke luar negeri. Anaknya pindah ke Singapura, lalu ke Amerika Serikat, dan saat ini menetap di Dubai. ”Dia menggunakan celah yang ada,” ujar Prateek Pradhan, editor sebuah harian ekonomi Nepal.

Halaman:


27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.