Kompas.com - 22/03/2013, 12:24 WIB
|
EditorRobert Adhi Ksp

BANDUNG, KOMPAS.com - Sejumlah langkah peningkatan daya saing harus dilakukan dalam meningkatkan daya dukung iklim industri menghadapi ASEAN Economic Community 2015.

"Peningkatan daya saing ini harus dilakukan baik dalam jangka pendek, menengah, maupun panjang," kata Direktur Jenderal Kerjasama Industri Internasional Agus Tjahajana pada acara Lokakarya Pendalaman Kebijakan Industri di Bandung, Jumat (22/3/2013).

Langkah peningkatan daya saing dimaksud antara lain melalui penurunan biaya modal, biaya energi, dan biaya logistik. Selain itu juga adanya jaminan pasokan bahan baku, pengawasan impor untuk meredam produk ilegal, dan optimalisasi peningkatan penggunaan produk dalam negeri.

"Dalam jangka panjang, perlu juga dilakukan peningkatan faktor pendukung industri, membangun kemampuan sumber daya manusia, dan pembangunan riset serta pengembangan industri," kata Agus.

Berdasarkan data Global Competitiveness Report 2011-2012, peringkat Indonesia masih di bawah negara-negara ASEAN lainnya, yakni Thailand, Malaysia, dan Singapura.

Mengutip data dari Sekretariat ASEAN, sebagian besar perdagangan negara-negara anggota ASEAN selama ini dilakukan dengan negara-negara non-ASEAN. Kondisi tersebut menggambarkan belum sepenuhnya termanfaatkan potensi perdagangan di antara sesama negara anggota ASEAN.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.