Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hadapi Komunitas Ekonomi ASEAN 2015, Tingkatkan Daya Saing

Kompas.com - 22/03/2013, 12:24 WIB
Cyprianus Anto Saptowalyono

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Sejumlah langkah peningkatan daya saing harus dilakukan dalam meningkatkan daya dukung iklim industri menghadapi ASEAN Economic Community 2015.

"Peningkatan daya saing ini harus dilakukan baik dalam jangka pendek, menengah, maupun panjang," kata Direktur Jenderal Kerjasama Industri Internasional Agus Tjahajana pada acara Lokakarya Pendalaman Kebijakan Industri di Bandung, Jumat (22/3/2013).

Langkah peningkatan daya saing dimaksud antara lain melalui penurunan biaya modal, biaya energi, dan biaya logistik. Selain itu juga adanya jaminan pasokan bahan baku, pengawasan impor untuk meredam produk ilegal, dan optimalisasi peningkatan penggunaan produk dalam negeri.

"Dalam jangka panjang, perlu juga dilakukan peningkatan faktor pendukung industri, membangun kemampuan sumber daya manusia, dan pembangunan riset serta pengembangan industri," kata Agus.

Berdasarkan data Global Competitiveness Report 2011-2012, peringkat Indonesia masih di bawah negara-negara ASEAN lainnya, yakni Thailand, Malaysia, dan Singapura.

Mengutip data dari Sekretariat ASEAN, sebagian besar perdagangan negara-negara anggota ASEAN selama ini dilakukan dengan negara-negara non-ASEAN. Kondisi tersebut menggambarkan belum sepenuhnya termanfaatkan potensi perdagangan di antara sesama negara anggota ASEAN.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com