Kawasan Industri Masih di Jawa

Kompas.com - 22/03/2013, 22:31 WIB
|
EditorAgus Mulyadi

BANDUNG, KOMPAS.com — Penyebaran kawasan industri di Indonesia masih terkonsentrasi di Jawa, khususnya di Jawa Barat.

Berdasarkan data Himpunan Kawasan Industri tahun 2012, dari total luas area kawasan industri 28.526,86 hektar, sebanyak 44,07 persen di antaranya berada di Jawa Barat, yakni seluas 12.573 hektar. Setelah itu disusul Banten yang memiliki kawasan industri seluas 4.140,66 hektar atau 14,51 persen dari total luas kawasan industri di Indonesia.

"Kawasan industri terluas berikutnya terdapat di Riau dan kepulauan yang luasnya mencapai 3.191 hektar, atau 11,19 persen dari total luas kawasan industri di Indonesia," kata Direktur Jenderal Pengembangan Perwilayahan Industri Kementerian Perindustrian, Dedi Mulyadi, di Bandung, Jumat (22/3/2013).

Dedi mengatakan, ada sejumlah tantangan kawasan industri baik di Pulau Jawa maupun luar Pulau Jawa. Tantangan di Pulau Jawa adalah keterbatasan lahan untuk pembangunan dan pengembangan, keterbatasan daya dukung terutama sumber daya air, dan permasalahan lingkungan serta sosial. Adapun tantangan kawasan industri di luar Jawa yakni kurang memadainya infrastruktur pendukung seperti jalan, rel kereta api, pelabuhan, dan sebagainya.

Tantangan kedua adalah kurangnya kemampuan tenaga kerja dan sumber daya manusia industrial yang terlatih. "Ketiga, belum semua kabupaten/kota mempersiapkan RTRW (rencana tata ruang wilayah), khususnya kawasan peruntukan industri," kata Dedi.

Tantangan berikutnya adalah masih kurangnya minat swasta membangun kawasan industri di luar Jawa.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X