Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jalani "Ujian" Gubernur BI, Agus Siap Yakinkan DPR

Kompas.com - 25/03/2013, 11:24 WIB
Didik Purwanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Agus Martowardojo hari ini menjalani uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) menjadi Gubernur Bank Indonesia (BI) hari ini dengan Komisi XI DPR. Agus akan berusaha meyakinkan DPR agar layak menjadi pimpinan tertinggi di bank sentral.

"Kita jalani saja yang terbaik sambil terus menjalankan tugas sebagai Menteri Keuangan saat ini. Saya harapkan bisa meyakinkan anggota DPR dalam fit and proper hari ini," kata Agus di Komisi XI DPR Jakarta, Senin (25/3/2013).

Agus mengatakan tidak ada persiapan khusus dalam menjalani fit and proper test tersebut. Tapi Agus memang telah memiliki visi dan misi saat menjadi Gubernur BI nanti.

Mengenai dirinya yang pernah ditolak saat menjadi calon Gubernur BI pada 2008 lalu, Agus menganggap bahwa hal tersebut adalah hak anggota DPR, khususnya dari Komisi XI DPR. "Itu adalah proses politik, saya akan siap mengikuti proses fit and proper test ini dengan baik," tambahnya.

Mulai pukul 10.00 wib, Agus menjalani fit and proper test dengan Komisi XI DPR. Namun untuk keputusan Agus apakah akan diterima atau ditolak menjadi Gubernur BI akan diumumkan besok, Selasa (26/3/2013).

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono hanya menyerahkan satu nama calon Gubernur BI yaitu hanya Agus Martowardojo. Jika ditolak oleh DPR lagi dalam fit and proper test ini, maka Presiden harus menyerahkan kandidat lain untuk menggantikan Darmin Nasution yang akan habis masa jabatannya pada Mei mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com