Kompas.com - 26/03/2013, 18:52 WIB
|
EditorAgus Mulyadi

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah sebelumnya mengawasi dan mulai menyelidiki kasus daging sapi impor dan bawang putih, kini Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) mulai mengawasi pergerakan harga cabai.

"Kami memang mulai memonitor harga cabai," ujar Ketua KPPU Nawir Messi, Selasa (26/3/2013) di Jakarta, usai membuka seminar nasional terkait Aspek Pidana dalam Hukum Persaingan Usaha.

Harga produk hortikultura di Indonesia, dalam beberapa bulan terakhir memang nyaris tidak terkendali. Badan Pusat Statistik mencatat inflasi Februari sebesar 0,75 persen. Angka tersebut merupakan rekor inflasi bulan Februari tertinggi dalam 10 tahun terakhir. Kelompok bahan makanan menjadi kontributor utama inflasi di bulan Februari, terutama produk hortikultura itu tadi.

Pantauan Kompas pada pekan lalu di Pasar Induk Kramat Jati, Pasar Jatinegara, dan Pasar Mayestik, Jakarta, menunjukkan, harga cabai rawit merah naik. Harga cabai rawit merah yang biasanya Rp 25.000 kini Rp 50.000 per kilogram.

Di Pasar Induk Kramat Jati, harga cabai rawit merah mencapai Rp 40.000-Rp 45.000 per kg. Di Pasar Jatinegara, cabai rawit merah dijual Rp 40.000-Rp 50.000 per kg. Di Pasar Mayestik, cabai rawit merah dijual Rp 50.000-Rp 60.000 dari harga sebelumnya Rp 25.000-Rp 35.000 per kg.      

 

 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.