Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jadi Gubernur BI, Agus: Intinya Saya Siap

Kompas.com - 27/03/2013, 13:16 WIB
Didik Purwanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Menteri Keuangan Agus Martowardojo mengaku siap menjalankan peran barunya sebagai Gubernur Bank Indonesia periode 2013-2018. Baginya, peran baru tersebut adalah tugas negara yang harus dijalankan sepenuh hati.

"Intinya saya siap kalau ada tugas negara, harus menjalankan yang terbaik," kata Agus saat memberikan sambutan pelantikan pejabat eselon II Kementerian Keuangan, Jakarta, Rabu (27/3/2013).

Agus menganggap, pergantian jabatan tersebut merupakan dinamika dalam sebuah organisasi negara.

Agus yang sudah menjabat sebagai Menteri Keuangan sejak Mei 2010 secara tiba-tiba diminta untuk menjadi gubernur BI, menggantikan Darmin Nasution, yang akan habis masa jabatannya pada Mei 2013 ini. Saat ini, Agus akan menyiapkan diri untuk bergabung dengan Bank Indonesia. Agus sendiri sudah malang melintang sekitar 23 tahun di dunia perbankan.

Selasa pekan depan, Agus akan diumumkan di rapat paripurna DPR bahwa Agus telah sah menjadi gubernur BI. "Nanti kembali ke arahan Presiden, apakah akan melaksanakan tugas sampai Mei (menjadi Menteri Keuangan) atau ada arahan lain," tambahnya.

Jika diminta bekerja sebagai Menteri Keuangan hingga Mei, Agus menganggap bahwa hal tersebut adalah kesempatan yang baik baginya untuk bisa berkomunikasi dengan seluruh jajaran di Kementerian keuangan. "Kita jangan kecil hati dan ragu karena kita mampu melakukan reformasi birokrasi yang tangguh," tambahnya.

Pada kesempatan itu, Agus berpesan bagi pejabat di Kementerian Keuangan agar terus meningkatkan kinerjanya masing-masing. Meski akan berpisah, Agus akan tetap berkomunikasi dengan jajaran di Kementerian Keuangan.

"Saya bangga bisa bekerja sama dengan bapak dan ibu untuk mewujudkan misi dan visi yang kita bangun bersama. Bagaimanapun, sumber daya manusia adalah kunci," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com