Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bank di Siprus Dibuka Terbatas Hari ini

Kompas.com - 28/03/2013, 09:40 WIB
Robertus Benny Dwi Koestanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank-bank di Siprus akan dibuka pada Kamis (28/3/2013) ini untuk enam jam operasi dengan pembatasan. Yakni transfer ke rekening di luar Siprus atau pembatasan devisa termasuk penarikan dalam satu hari maksimum sebesar 300 euro.

Seperti dikutip ekonom Samuel Sekuritas Indonesia, Lana Soelistianingsih, di Jakarta, pembatasan ini berlaku selama empat hari ini mendatang. Sebelumnya untuk mencegah kepanikan penarikan dana nasabah, bank di Siprus ditutup selama hampir dua minggu.

Pembukaan bank dengan aturan ini akan relatif aman mencegah kemungkinan kerusuhan di Siprus yang bisa terjadi dalam antrean untuk mengambil uang ketika bank dibuka hari ini mulai dari jam 12 siang hingga jam 6 sore waktu Siprus. Kerusuhan ini bisa membuat sentimen negatif di pasar.

Menurut Lana, kebijakan pembatasan devisa ini pertama kalinya dilakukan di Uni Eropa (UE) untuk mengatasi krisis perbankan. Namun hal itu dikhawatirkan akan dilakukan pada negara-negara lain yang berpotensi krisis seperti Italia dan Spanyol.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com