Kompas.com - 03/04/2013, 08:13 WIB
EditorErlangga Djumena

KOMPAS.com - Selalu ada peluang dalam melakukan usaha di bidang makanan dan minuman. Contohnya yang dilakukan Haris Gunawan di Bandung dengan usahanya Cingcau Kapepet. Ia memodifikasi minuman cincau hijau dengan menambahkan es krim beragam rasa sejak Februari 2012.

“Produk ini tanpa pemanis buatan dengan rasa yang bervariasi, mulai dari gula aren, stroberi, pandan, anggur hingga durian,” ujarnya berpromosi.

Kini, Haris telah memiliki dua gerai Cingcau Kapepet di Bandung. Menurutnya, saat panas, dalam sehari gerainya bisa meraup omzet Rp 500.000. Bahkan, saat puasa, pendapatannya bisa mencapai Rp 750.000 dalam sehari. "Keuntungan bersih saya 37,5 persen dari omzet," ungkapnya.

Sejak September lalu, Haris mulai menawarkan peluang kemitraan Cingcau Kapepet. Ia mengemas paket investasi Rp 7,5 juta. Nantinya, mitra mendapatkan satu unit gerai, termos, bahan baku awal, es krim, cup, sendok, dan dua seragam karyawan. Mitra juga tidak dibebankan biaya kemitraan atau biaya royalti.

Haris berharap, mitra mendapat omzet kurang lebih seperti yang ia didapatkan selama ini. Namun, ia mengingatkan, keuntungan bersih yang didapat mitra akan lebih sedikit, yaitu sekitar 30 persen, karena mitra harus membeli bahan baku ke Haris.

Menurut perhitungan Haris, mitra bisa mengantongi keuntungan bersih sekitar Rp 2,2 juta dalam sebulan. Jika target omzet dan laba bisa tercapai, mitra sudah bisa balik modal dalam tiga hingga empat bulan. Ia menargetkan, mitra usahanya bisa terus bertambah. (Noor Muhammad Falih/Kontan)

Baca juga:
Ingvar Kamprad, Pendiri IKEA yang Sederhana
Lion Air Thankyou

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.