Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wakatobi Buka "Deep and Extreme 2013" dengan Tari Hesuradi

Kompas.com - 04/04/2013, 12:33 WIB
Ismail Z

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara menyuguhkan Tari Hesuradi pada acara pembukaan Deep and Extreme Indonesia 2013 di Jakarta Convention Center, Kamis (4/4/2013).

Sanaria Filma, Manager Sanggar Seni Natural Wakatobi mengatakan, tari Hesuradi adalah tarian tradisional masyarakat nelayan di Kabupaten Wakatobi. "Hesuradi berarti menyuluh. Jadi, tari ini dibawakan oleh para pemuda-pemudi di sana saat bulan purnama ketika air laut pasang. Sambil menunggu air laut pasang, mereka menari-menari bersama menikmati keindahan bulan purnama. Baru setelah air laut surut, mereka pergi menyuluh hewan laut yang ada di karang-karang. Setelah menyuluh pun mereka kembali menari sebagai ungkapan kegembiraan atas hasil tangkapan mereka," kata Sanaria.

Selama 2013, Kabupaten Wakatobi memiliki berbagai even yang diharapkan bisa menarik minat wisatawan lokal maupun domestik. "Salah satu even menarik yang akan kami gelar adalah Sail Wakatobi di bulan Agustus yang dirangkaikan dengan Festival Bajo, dimana orang Bajo seluruh dunia akan datang dan berkumpul di sana," kata Sulianto, dari Dinas Pariwisata Kabupaten Wakatobi.

Deep and Extreme Indonesia 2013 akan digelar selama empat hari (4-7 April 2013) di Jakarta Convention Center. Pameran ini diikuti 130 peserta dari industri selam dan minat khusus, baik lokal maupun mancanegara, serta dinas pariwisata sejumlah daerah. Selain pameran produk industri selam dan wisata minat khusus, juga akan diadakan sejumlah talkshow tentang pengembangan kawasan bahari.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com