Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tol Baru Sambungkan Jababeka dan Lippo Cikarang

Kompas.com - 10/04/2013, 19:34 WIB
Angger Andreas

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pertumbuhan ekonomi dan masyarakat kota Jabodetabek yang meningkat, menjadikan mobilitas tinggi bagi penduduknya. Guna memberi kenyamanan bagi penghuni dan pelaku bisnis di kawasan Cikarang, perusahaan properti Jababeka bekerja sama dengan pengembang kawasan perkotaan Lippo Cikarang membangun infrastruktur berupa jalan tol sepanjang 2,4km.

Proyek yang sudah dimulai sejak Juni 2011 ini direncanakan akan mulai beroperasi pada Agustus 2013. Dalam konfrensi pers yang diadakan di Menara Batavia Jakarta, Rabu (10/4/2013), Presiden Direktur PT Jababeka Tbk SD Darmono mengatakan, dengan dibangunnya tol tersebut, mobilitas warga di kawasan Jababeka dan Cikarang akan sangat terbantu.

"Warga Jababeka yang ingin berenang di Waterboom Cikarang atau warga Lippo Cikarang yang ingin bermain golf di Jababeka bisa menghemat waktu antara 15-30 menit," ujar SD Darmono.

Sementara itu, Direktur PT Lippo Cikarang Tbk Meow Chong Loh mengungkapkan, pembangunan ini merupakan bentuk janji dari kedua perusahaan kepada pemerintah. "Ini perwujudan janji kami untuk mengatasi kemacetan di kawasan kami," ujarnya

Adapun investasi yang ditanamkan dua perusahaan properti ini mencapai Rp 300 miliar yang terdiri dari Rp 200 miliar untuk konstruksi dan Rp 100 miliar untuk pembebasan lahan. Nantinya tol ini akan dihibahkan seluruhnya kepada pemerintah lewat Jasa Marga sebagai operator jalan tol.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com