Pesan Tiket Bisa Lewat Telepon Pintar

Kompas.com - 11/04/2013, 03:19 WIB
Editor

Jakarta, KOMPAS - Guna mempermudah pemesanan tiket kereta api, meningkatkan pelayanan pengguna kereta api jarak jauh, dan menekan tingginya jumlah calo, PT Padicon Teknologi Informasi bersama PT Kereta Api Indonesia meluncurkan aplikasi PadiTrain. Hingga 2015, aplikasi berbasis sistem operasi Android dan Blackberry ini ditargetkan mencapai 5.000 transaksi per hari.

Dalam sambutan saat peluncuran PadiTrain di Jakarta, Rabu (10/4), Direktur Komersial PT Kereta Api Indonesia (KAI) Sulistyo Wimbo Hardjito mengatakan, saat ini pelanggan kereta api semakin beraneka ragam dan terus menuntut kemudahan. ”PT KAI sudah coba menggunakan pemesan lewat call center 121, penjualan tiket di Indomaret dan Alfamart, serta penjual tiket drive thru. Dengan PadiTrain, pengguna akan lebih dipermudah karena bisa memesan lewat peranti elektronik miliknya kapan saja di mana saja,” tuturnya.

Menurut Wimbo, awalnya 100 persen pengguna layanan jasa transportasi kereta api datang ke loket-loket di stasiun untuk memesan tiket. ”Saat ini, 38 persen pengguna kereta api sudah melakukan pemesanan tiket tanpa datang ke loket. Dengan aplikasi PadiTrain, kami menargetkan 75 persen penumpang akan melakukan pemesanan tiket tanpa perlu datang lagi ke loket,” ujar Wimbo.

Saat ditanya mengenai kompensasi yang ditanggung jika membatalkan tiket, Wimbo menjelaskan, pelanggan akan menerima kembali uang pembelian tiket yang telah dipotong 25 persen untuk administrasi. ”Pengembalian uang tiket yang dibatalkan tidak langsung dibayarkan kepada penumpang. Satu bulan setelah pembatalan penumpang baru akan menerima uang tersebut. Hal itu juga bertujuan untuk menekan tingginya calo di stasiun,” ungkap Wimbo.

Hal senada disampaikan Sales Direktur PadiTrain Budi Santoso. Ia menjelaskan, dengan PadiTrain, banyaknya aksi calo yang berkeliaran di stasiun juga dapat ditekan.

”Masyarakat akan semakin dipermudah, tidak perlu datang ke stasiun untuk bertransaksi,” ungkapnya. (K10/SIR)

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.