Kompas.com - 11/04/2013, 15:12 WIB
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Indonesia (BI) memerkirakan pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal II-2013 masih sama dengan kuartal I-2013 atau mencapai 6,2 persen. Hal ini disebabkan pemulihan ekonomi global tidak seoptimis perkiraan sebelumnya dan masih dibayangi ketidakpastian.

Gubernur BI Darmin Nasution mengatakan pertumbuhan ekonomi tersebut masih akan didorong oleh permintaan domestik yang masih tumbuh cukup kuat. Hal ini disebabkan konsumsi swasta didukung oleh perbaikan daya beli masyarakat dan kepercayaan konsumen.

"Sementara itu, di tengah investasi bangunan yang tetap tumbuh kuat, investasi nonbangunan cenderung melambat," kata Darmin saat konferensi pers di kantornya, Jakarta, Kamis (11/4/2013).

Di sisi lain, volume ekspor mengalami peningkatan sejalan dengan perbaikan ekonomi di beberapa negara mitra dagang utama, khususnya China. Darmin menganggap masih cukup baiknya pertumbuhan ekonomi nasional juga didukung oleh pertumbuhan ekonomi daerah yang masih cukup tinggi dan semakin merata.

Untuk tahun 2014, sejalan dengan permintaan domestik yang tetap kuat dan ekonomi global yang semakin baik, pertumbuhan ekonomi diperkirakan akan mencapai kisaran 6,6 persen-7 persen atau lebih rendah dari perkiraan sebelumnya sekitar 6,7 persen-7,2 persen.

"Sementara pertumbuhan ekonomi Indonesia pada tahun 2013 diperkirakan lebih rendah yaitu menjadi 6,2 persen-6,6 persen dari perkiraan sebelumnya 6,3 persen-6,8 persen," tambahnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca tentang


    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.