Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cari Kotak Hitam, KNKT Terjunkan Tim Penyelam

Kompas.com - 14/04/2013, 14:36 WIB
Kontributor Denpasar, Muhammad Hasanudin

Penulis

DENPASAR, KOMPAS.com - Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) belum menemukan salah satu perangkat kotak hitam (black box) berupa Cockpit Voice Recorder (CVR) pesawat Lion Air Boeing 737-800 yang jatuh di ujung landasan Bandara Ngurah Rai, Sabtu sore kemarin.

Posisi CVR berada di ekor bangkai pesawat Lion Air, dan harus menerjunkan tim penyelam untuk mencarinya. "Sudah diputuskan bersama, kita semua mengambil CVR di buntut pesawat, sedang dilakukan penyelaman. Kalau susah, pesawat ditarik ke pinggir," ujar ujar Dirjen Perhubungan Udara, Herry Bakti saat konferensi pers di Base Ops Lanud Ngurah Rai, Denpasar, Minggu (14/4/2013).

"Kita berharap kalau hari ini bisa ditemukan, CVR-nya langsung dibawa ke Jakarta untuk dibaca oleh KNKT," kata Herry.

Sementara perangkat kotak hitam lainnya yakni Flight Data Recorder (FDR) sudah ditemukan  di dalam bangkai pesawat saat proses pengangkatan kemarin.

Seperti diberitakan pesawat Lion Air Boeing 737-800 jatuh di ujung landasan Bandara Ngurah Rai Bali, Sabtu sore kemarin. 101 penumpang dan tujuh kru pesawat selamat, namun 46 di antara mereka harus menjalani perawatan di sejumlah rumah sakit karena menderita luka-luka.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com