Kompas.com - 17/04/2013, 08:24 WIB
|
EditorRusdi Amral

JAKARTA, KOMPAS.com - Sektor perumahan di Amerika Serikat terus menunjukkan perbaikan. Ini menambah kepercayaan diri investor dan pelaku pasar modal global. Pembangunan rumah baru untuk tipe multifamily di AS naik 7 persen dibanding tahun sebelumnya pada Maret menjadi 1,04 juta, mencapai level tertingginya dalam lima tahun terakhir.

Kenaikan ini didukung dengan suku bunga pinjaman rumah yang sangat rendah, dan rendahnya angka inflasi. Seperti dikutip ekonom Samuel Sekuritas Indonesia, Lana Soelistianingsih, di Jakarta, Rabu (17/4/2013), data lain yakni produksi total di sektor industri yang meliputi manufaktur, pertambangan, dan utility, juga naik 0,4 persen dalam bulan Maret ini.

Namun ekonomi AS dikhawatirkan masih belum pulih secara kuat di tengah ancaman pemangkasan defisit anggaran otomatis dan masih lemahnya ekonomi global. Dari Jerman, keyakinan investor melambat dan pemerintah Korea Selatan mengumumkan menambah anggaran untuk menopang pertumbuhan. Hal itu dilakukan di tengah tekanan pelemahan nilai tukar yen.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.