Kompas.com - 18/04/2013, 19:37 WIB
EditorLatief

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Tabungan Negara (BTN) membukukan kenaikan kredit sebesar 28,62 persen, naik dari Rp 66,48 triliun pada akhir 2012 menjadi Rp 88,51 triliun pada triwulan I 2013.

"Kinerja Triwulan I 2013 masih menunjukkan konsistensi kami pada core business dalam pembiayaan industri perumahan," kata Direktur Bank BTN Evi Firmansyah saat jumpa pers di Menara BTN, Jakarta, Kamis (18/4/2013).

Evi mengatakan, porsi pembiayaan pada kredit perumahan masih mendominasi dengan porsi 86,2 persen dari total kredit yang disalurkan selama triwulan pertama sebesar Rp 73,7 triliun. Sementara itu, sisanya sebesar 13,8 persen atau Rp11,84 triliun disalurkan untuk pembiayaan kredit non-perumahan.

"Hal ini mengindikasikan kinerja pembiayaan masih sesuai dengan strategi bisnis bank untuk pinjaman perumahan (housing loan) yakni di atas 85 persen," ujar Evi.

Evi memproyeksikan kredit yang diberikan Bank BTN akan terus tumbuh hingga akhir 2013. Pihaknya menargetkan pada 2013 ini kredit BTN akan tumbuh sekitar 26-30 persen.

Selain itu, lanjut dia, BTN akan tetap memberikan dukungan pada program Pemerintah dalam bidang perumahan melalui skim FLPP (Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan). Kendati pertumbuhan kredit naik, kredit bermasalah (NPL) juga naik 1,5 persen menjadi 4,77 persen dari sebelumnya 3,22 persen.

"Kami perkirakan kuartal II akan membaik," ujar Evi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.