Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiga Bulan, 31.104 Warga Jabar ke LN

Kompas.com - 18/04/2013, 22:30 WIB

SUKABUMI, KOMPAS.com — Balai Pelayanan Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BP3TKI) Jawa Barat mencatat, sampai dengan pertengahan April 2013 sebanyak 31.104 tenaga kerja Indonesia (TKI) asal provinsi itu diberangkatkan ke luar negeri.

"Minat warga Jabar yang ingin menjadi TKI di luar negeri masih cukup tinggi," kata Ketua BP3TKI Jabar, Hasan Abdullah, Kamis (18/4/2013).

Menurut Hasan, mayoritas warga yang menjadi TKI bekerja di negara-negara Timur Tengah seperti Uni Emirat Arab, Qatar, Oman, Bahrain, serta Taiwan dan Hongkong.   

Bahkan, saat ini warga Jabar yang berangkat menjadi TKI ke Jepang dan Korea pun cukup tinggi. Negara itu tengah membutuhkan tenaga kerja untuk dipekerjakan seperti di tempat-tempat penangkapan dan pengolahan ikan.

Dari hasil pendataan yang dilakukan pihaknya, daerah di Jabar yang paling banyak memberangkatkan warganya menjadi TKI yakni Indramayu, Cianjur, dan Sukabumi. Tingginya minat warga yang menjadi TKI, tidak terlepas dari kebutuhan ekonomi dan ketersediaan lapangan pekerjaan.

"Mereka yang ingin menjadi TKI ke luar negeri harus melengkapi persyaratan administrasi karena kami memperketat mulai dari rekrutmen sampai pemberangkatan. Jika ditemukan ada keganjilan dalam administrasi, maka langsung kami blacklist atau dilarang menjadi TKI," tambahnya.

Di sisi lain, sampai April ini pihaknya juga sudah menerima laporan TKI bermasalah sebanyak 34 kasus. Dari laporan yang masuk, mayoritas permasalahannya adalah tidak bisa pulang ke Indonesia dan tidak dibayarkan gajinya. Dari beberapa laporan tersebut, terdapat pula TKI yang mengalami siksaan oleh majikannya di negara tempat mereka bekerja.

Sementara itu, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Sukabumi mencatat, selama tiga bulan terakhir ini, warga daerah tersebut yang diberangkatkan ke luar negeri sebagai TKI sebanyak 1.266 orang. Rinciannya, 476 orang pada Januari, 475 orang Februari, dan 315 orang pada Maret.

"Mayoritas TKI yang diberangkatkan tersebut bekerja di bidang formal. Negara tujuan mereka adalah Uni Emirat Arab, Qatar, Arab Saudi, Aljazair, Oman, Singapura, dan Taiwan," kata Kepala Bidang Penempatan Tenaga Kerja Disnakertrans Kabupaten Sukabumi, Supena.


Sumber: Antara

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com