Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/04/2013, 18:47 WIB
|
EditorRobert Adhi Ksp

MEDAN, KOMPAS.com -  Setelah sukses dengan CitraGarden Medan, Grup Ciputra membangun CitraLand Bagya City (CLBC), kota baru di Medan, Sumatera Utara, bersama Grup KPSN.

CLBC akan menjadi kota baru bertaraf internasional dengan berbagai fasilitas perkotaan yang integratif. Kawasan ini juga akan berbasis ekonomi kreatif yang entrepreneurial, serta membentuk komunitas masyarakat yang berbudaya dengan standar kehidupan kelas dunia dengan total luasan terbesar di kota Medan yaitu 211 ha.

CLBC menjadi kawasan terintegrasi yang terdiri dari kawasan hunian, kawasan perdagangan dan perkantoran, pusat perbelanjaan, pasar modern, hotel, apartemen, sekolah, universitas, rumah sakit, water park, serta kawasan hijau dan danau-danau.

“Kami mengembangkan kawasan ini karena lokasinya yang sangat strategis sehingga sangat potensial untuk menjadi pusat aktivitas baru kota Medan.” jelas Harun Hajadi, Direktur Utama CLBC dalam surat elektroniknya, Kamis (19/4/2013) malam.

“Lokasi CLBC tepat berada di arah perkembangan kota Medan dan sekitarnya (MedBiDangRo : Medan, Binjai, Deli Serdang dan Karo), yaitu daerah Medan Utara dan Medan Timur yang pertumbuhannya sangat pesat. Apalagi Bandara Kuala Namu di Medan Timur segera beroperasi,” tambahnya.

CLBC akan dikembangkan dalam empat tahap sebagai jaminan investasi masa depan yang sangat menjanjikan. Pembangunan tahap pertama seluas 63.4 ha terdiri dari 863 unit kavling dan rumah tinggal dilengkapi dengan kawasan komersial terdiri dari 730 unit ruko, 17 kavling komersial, dan kawasan superblok serta kawasan rekreasi keluarga yang terbagi dalam tiga fasilitas, yaitu Water Park seluas 1,5 ha, Family Club seluas 1,4 ha serta danau dan penghijauan seluas 12 ha. Adapun nilai investasi untuk tahap pertama ini sebesar Rp 1,2 triliun.

“Setelah selesai tahap 1, kami akan melengkapi CitraLand Bagya City dengan sebuah shopping mall modern dan pusat-pusat komersial lainnya, termasuk Institut Bisnis Wilma,.”kata Harun.

“Memasuki kawasan CLBC, Anda akan disambut dengan sebuah gerbang megah setinggi 28 meter dan selebar 20 meter, yang merupakan inspirasi dari Grande Arche de La Defense, Prancis,” papar Wibowo Raharja, General Manager CLBC.

Selain fasilitas-fasilitas perkotaan, infrastruktur CLBC dibangun dengan desain modern dan standar internasional, seperti jalur khusus sepeda, trotoar bagi pejalan kaki yang nyaman, lanskap (penghijauan) dengan desain modern dan tertata rapi dengan nuansa resort. Jalan-jalan dibangun dengan standar perkotaan, di mana jalan utama kawasan komersial selebar hingga 30 meter dan jalan utama perumahan hingga 24 meter.

Utilitas dan saluran drainase dibangun di bawah tanah sehingga memberikan suasana yang rapi dan nyaman. Keamanan penghuni dan warga CLBC disiapkan dengan sistem tertutup dengan satu pintu untuk setiap klaster (one gate system) dan CCTV. 

Soft launching CLBC tahap pertama ini telah dilaksanakan pada 25 November 2012 lalu, dengan membuka 3 klaster, yaitu Caribbean, Bahamas dan Maldives beserta 7 blok ruko, yang semuanya telah habis terjual dengan total 650 unit. Harga rumah yang dipasarkan berkisar antara  530 juta dan Rp 2 miliar.

CLBC akan meggelar grand launching pada Sabtu 20 April 2013 di  Hotel JW Marriott  Medan untuk merayakan keberhasilan penjualan perdana CLBC bersama seluruh pembeli produk CLBC dan juga pembeli potensial yang belum berkesempatan membeli pada saat penjualan perdana.

Acara grand launching ini akan dibawakan Sandra Dewi dan Freddy Kesuma, juga dimeriahkan artis papan atas Bunga Citra Lestari (BCL) serta Mark Lee & Michelle Tay (Singapura). Malam itu para undangan akan dihibur pula dengan Chinese Traditional Music oleh Nan Feng, Oriental Mask Dancer oleh Bian Lian dan The Laser Man Tarakarda.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+