Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Klaim Keberhasilan Agus Jadi Menkeu

Kompas.com - 22/04/2013, 14:26 WIB
Didik Purwanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Hari ini Agus Martowardojo melakukan serah terima jabatan Menteri Keuangan ke Menteri Perekonomian Hatta Rajasa. Agus mengklaim ada sejumlah keberhasilan selama menjabat sebagai Menteri Keuangan. Apa saja?

"Kami sampaikan apresiasi kepada semua jajaran pegawai di Kementerian Keuangan karena selama hampir tiga tahun menjadi Menteri Keuangan, semua kegiatan telah berlangsung baik," kata Agus saat memberikan sambutan saat serah terima jabatan di kantor Kementerian Keuangan Jakarta, Senin (22/4/2013).

Saat menjadi Menteri Keuangan, Agus mengklaim telah berusaha menjadi pengelola keuangan dan kekayaan negara yang kredibel. Sehingga bisa melakukan kerjasama dengan berbagai pihak dan mampu mewujudkan apa yang telah dicita-citakan sebelumnya.

Di sisi lain, laporan keuangan Kementerian Keuangan bisa ditingkatkan penilaiannya dari disclaimer menjadi Wajar Tanpa Pengecualian (WTP). Dari sisi penerimaan negara, pihaknya juga telah mampu meningkatkan setoran ke negara dari Rp 619 triliun di 2009 menjadi Rp 1.190 di 2012.

"Dalam 2-3 tahun terakhir, prestasi penilaian asing terhadap Indonesia juga positif, yaitu peringkat kita dinaikkan menjadi investment grade," tambahnya.

Dengan kondisi tersebut, pemerintah bisa menerbitkan surat utang negara (SUN) bertenor 30 tahun dengan bunga yang murah. Di tahun sebelumnya, kupon SUN sebesar 8,6 persen tapi saat ini bisa mencapai 4,75 persen.

Hari ini secara resmi, Hatta Rajasa menjadi Pelaksana Tugas (Plt) Menteri Keuangan. Sementara Agus Martowardojo akan segera dilantik menjadi Gubernur Bank Indonesia (BI) pada pertengahan Mei mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com